Laman

Tuesday, May 10, 2011

Susah BAB? Kunyahlah Permen Karet

Selama ini banyak ibu mengeluhkan gangguan Konstipasi alias susah Buang Air Besar (BAB) pasca operasi caesar.Bila dibandingkan dengan ibu yg melahirkan secara normal (per vaginam), fungsi pencernaan ibu yg melahirkan lewat operasi caesar memang lebih lama pulih.

Untuk mengatasinya,cobalah kunyah permen karet tanpa gula agar perut bisa bergerak. Saran itu disampaikan oleh peneliti dari Mesir. Dalam penelitian mereka, ibu2 yg mengunyah permen setelah dioperasi, fungsi perutnya lebih cepat pulih dan masa perawatan di rumah sakit pun bisa dipercepat.

Operasi caesar adl melahirkan janin melalui sayatan dinding perut dan dinding rahim. Nah mengunyah permen bisa merangsang respon sistem saraf dan membantu dilepaskannya hormon2 yg dibutuhkan pencernaan utk menstimulasi aktivitas perut.

Mengunyah permen adl solusi yg aman dan murah. Para ibu yg terlibat dlm penilitian ini pun dg senang hati melakukannya,"kata Dr.Karim Abd El-maeboud, dari Ain Shams University,Kairo, Mesir. Dalam penilitian ini,para wanita yg mengunyah permen pasca operasi, fungsi pencernaannya normal kembali 21 hari setelah operasi.Sedang yg tdk mengunyah, pencernaannya baru normal 30 jam kemudian. (reuters/kompasfemale)