Laman

Saturday, May 14, 2011

sejarah dan armada garuda indonesia


Spoiler for sejarah:
Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. Garuda adalah nama burung mitos dalam legenda pewayangan.Tanggal 26 Januari 1949 dianggap sebagai hari jadi maskapai penerbangan ini. Pada saat itu nama maskapai ini adalah Indonesian Airways. Pesawat pertama mereka bernama Seulawah atau Gunung Emas, yang diambil dari nama gunung terkenal di Aceh. Dana untuk membeli pesawat ini didapatkan dari sumbangan rakyat Aceh, pesawat tersebut dibeli seharga 120,000 dolar malaya yang sama dengan 20 kg emas. Maskapai ini tetap mendukung Indonesia sampai revolusi terhadap Belanda berakhir. Garuda Indonesia mendapatkan konsesi monopoli penerbangan dari Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1950 dari Koninklijke Nederlandsch-Indische Luchtvaart Maatschappij (KNILM), perusahaan penerbangan nasional Hindia Belanda. Garuda adalah hasil joint venture antara Pemerintah Indonesia dengan maskapai Belanda Koninklijke Luchtvaart Maatschappij (KLM). Pada awalnya, Pemerintah Indonesia memiliki 51% saham dan selama 10 tahun pertama, perusahaan ini dikelola oleh KLM. Karena paksaan nasionalis, KLM menjual sebagian dari sahamnya di tahun 1954 ke pemerintah Indonesia.Pada tanggal 25 Desember 1949, wakil dari KLM yang juga teman Presiden Soekarno, Dr. Konijnenburg, menghadap dan melapor kepada Presiden di Yogyakarta bahwa KLM Interinsulair Bedrijf akan diserahkan kepada pemerintah sesuai dengan hasil Konferensi Meja Bundar (KMB) dan meminta kepada beliau memberi nama bagi perusahaan tersebut karena pesawat yang akan membawanya dari Yogyakarta ke Jakarta nanti akan dicat sesuai nama itu.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Soekarno menjawab dengan mengutip satu baris dari sebuah sajak bahasa Belanda gubahan pujangga terkenal, Raden Mas Noto Soeroto di zaman kolonial, Ik ben Garuda, Vishnoe's vogel, die zijn vleugels uitslaat hoog boven uw eilanden ("Aku adalah Garuda, burung milik Wisnu yang membentangkan sayapnya menjulang tinggi diatas kepulauanmu")

Maka pada tanggal 28 Desember 1949, terjadi penerbangan yang bersejarah yaitu pesawat DC-3 dengan registrasi PK-DPD milik KLM Interinsulair terbang membawa Presiden Soekarno dari Yogyakarta ke Kemayoran - Jakarta untuk pelantikannya sebagai Presiden Republik Indonesia Serikat (RIS) dengan logo baru, Garuda Indonesian Airways, nama yang diberikan Presiden Soekarno kepada perusahaan penerbangan pertama ini.


berikut adalah armada garuda indonesia untuk penerbangan domestik maupun internasional


Spoiler for boeing 737-300:

Spoiler for boeing 737-400:

Spoiler for boeing 737-500:

Spoiler for boeing 737-800NG:

Spoiler for boeing 747-400:

Spoiler for airbus A330-200:

Spoiler for airbus A330-300:


selain armada diatas garuda indonesia akan menambahakan armada nya untuk menerbangi rute eropa & amerika ,pesawat baru itu akan mulai masuk ke dalam jajaran armada garuda indonesia pada tahun 2012.armada baru itu adalah BOEING 777-300ER.
Spoiler for boeing 777-300ER:


garuda indonesia juga mempunyai anak perusahaan yang bergerak di bidang penerbangan juga yaitu CITILINK, Perusahaan ini berdiri tahun 2001 dan difungsikan sebagai salah satu alternatif penerbangan berbiaya murah di Indonesia.Citilink diresmikan kembali pada tanggal 8 Agustus 2008 oleh Emirsyah Sattar, CEO Garuda Indonesia. Investasi yang dikeluarkan mencapai 10 juta US$ , dengan rincian 60% untuk bahan bakar, 17% untuk perawatan pesawat dan sisanya untuk biaya lain-lain. Dibawah manajemen baru, Citilink menetapkan Surabaya sebagai pusatnya.
Spoiler for citilink:

UPDATE..!!!
ane pengan nambahin tentang garuda indonesia nih ,biar agan-agan tambah pinter soal penerbangan indonesia.
Spoiler for kokpit boeing 737-800NG:

Spoiler for kelas ekonomi boeing 737-800NG:

Spoiler for kelas bisnis boeing 737-800NG:

Spoiler for kelas ekonomi Airbus A330-200:

Spoiler for kelas bisnis Airbus A330-200:

Spoiler for garuda inonesia dengan livery tahun 1961-1969:

Spoiler for garuda indonesia MD-11:

Spoiler for garuda indonesia DC-10: