Laman

Wednesday, August 15, 2012

Revolusi Rakyat Indonesia 1945 - 1949




Quote:Penting Pic rata-rata BWK

Quote:Ucapan terima kasih kepada Alm Kakek Suharjadinata dan Alm Bapak Cecep Supena bin Suharjadinata yang telah mewariskan buku ini.
Spoilerfor Detail:

Spoilerfor Foto Alm Suharjadinata:

Spoilerfor Alm Bp Cecep Supena bin Suharjadinata:

Spoilerfor Surat:


Isi Surat :
Jakarta, tg 22/5 1953
Salam bahagia,
Untuk anakku yang tercinta, Bapak/Suharyadinata. Bapa ini mengasih suatu buku Riwayat untukmu. Pandangilah Isinya dan cantumkanlah pandangannya supaya kamu bisa laksana dalam segala lapangan. Beginilah bapa diwaktu 1945 sampai tahun 1949. Diwaktu Revolusi kau masih umur 1 th,masih buta kamu pikiran belum tahu bagaimana rasanya perang. maka dari itu inilah suatu keterangan dan disinilah semua isinya ada. suatu pemimpin-pemimpin kita, suatu gambarnya lambang kebangsaan Indonesia.

Atas Nama,
Suharjadinata


Quote:
Perjuangan Sebelum 17 Agustus 1945

Spoilerfor detail 1:

Spoilerfor detail 2:

Spoilerfor detail 3:

Spoilerfor detail 4:

Spoilerfor detail 5:

Spoilerfor detail 6:

Spoilerfor detail 7:

Spoilerfor detail 8:

Spoilerfor detail 9:

Spoilerfor detail 10:

Spoilerfor detail 11:

Spoilerfor detail 12:

Spoilerfor detail 13:

Spoilerfor detail 14:

Spoilerfor detail 15:

Spoilerfor detail 16:


Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945

Quote:
Spoilerfor detail 1:

Quote:
Dinaikannya bendera merah putih setelah pembacaan proklamasi dengan suasana Khidmat.berkibarlah buat pertama kali di gedung Pegangsaan Timur 56(Kediaman Bung Karno).Kiri:Bung Karno dan Bung Hatta. Yang menaikan bendera : Latif Hendraningrat kemudian jadi LetKol TNI.
Spoilerfor detail 2:


Quote:Andai Waktu itu Pers dan Radio Indonesia tidak bekerja,bagaimana?Untung mereka tak tinggal diam.mereka seketika menjadi senjata penjuangan yang ampuh.dalam waktu singkat mereka tidak saja berhasil menjalarkan berita Proklamasi ke seluruh nusantara dan keseluruh dunia. tapi berhasil juga mengobarkan semangat Revolusi Rakyat.
Spoilerfor detail:


Quote:Kabinet RI I , depan kiri ke kanan : Mr. Iwa kusumah Sumantri,Mr Amir Syarifudin, Mr. Subardjo,Bung Karno, Bung Hatta, Wiranatakusumah dan Ir Surachman.Konperensi Pers 1 : Disinipun Presiden dan Menteri masih harus mencari pengalaman.Atas dr kiri ke kanan : Menteri Sosial Mr. Iwa kusumah Sumantri,MenLu Mr. Subardjo,Pres Sukarno,Wapres Moh. Hatta,Mendagri Wiranatakusumah
Spoilerfor detail:


Quote:Wartawan Asing dan Nasional menghujani pertanyaan ke Pres Sukarno tentang bentuk,isi dan tujuan negara yang telah diproklamasikan.

UUD

Spoilerfor detail:


Quote:Pemuda dan Mahasiswa bergerak berpusat di Perapatan 10 (Gedung MenKes)

Spoilerfor detail:

Quote:gmr atas : tgl 19 September 1945 sore hari dilapangan Gambir. Puluhan ribu pengunjung rapat raksasa untuk mendengarkan wejangan Bung Karno. Suana mencekam karena ada larangan terhadap rapat tsb oleh Saiko Sikikan. serdadu2 Jepang dengan senajata lengkap melakukan penjagaan yang bersifat menentang.Tapi rakyat tidak gentar.

gbr tengah : Rakyat gelisah menunggu Sukarno, dan Akhirnya Bung Karno datang Juga. dan beliau naik ke mimbar. seketika rakyat diam, siap mendengarkan : dan Bung Karno berkata : Kita sudah memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia. Proklamasi itu tetap kami pertahankan, sepatahpun tidak kami cabut. dalam pada itu kami sudah menyusun rancangan. Tunduklah pada Rancangan Kami. Tenang,tenteram,tetapi tetap siap sedia menerima perintah yang kami berikan.

Spoilerfor detail:


Quote:Hanya 5 menit bung Karno berbicara. Rakyat mendengarkan sepenuh hati. dan lekas bubar untuk menghindari pertempuran dengan tentara Jepang.

gbr bawah :Kelihatan semangat Rakyat yang bergemuruh. dengan seruan Merdeka yang menggeledek. Tapi perintah pulangpun mereka penuhi. Mereka tidak hanya melihat Bung Karno, tetapi melihat Presidennya, dari negara sendiri yang merdeka.

Spoilerfor detail:


Tgl 29 Agustus 1945 dilantik di Jakarta Komite Nasional Indonesia Pusat yang diketuai oleh Mr. Kasman Singodimedjo. Kemudian oleh Maklumat No. X dijadikanlah sejak 16 Oktober 1945 KNIP itu sebuah parlemen sementara yang kemudian berhubung dengan gentingnya keadaan menyerahkan pekerjaan sehari2 kepada sebuah dewah pekerja dengan St. Sjahrir sebagai ketua.Dalam sidang Komite Nasioal Pusat pleno yang bertempat di Balai Muslimin di Jakarta pada 16 dan 17 Oktober 1945, dalam sidang yang berapi-api, lahirlah :

Maklumat Negara Republik Indonesia no. X yang berbunyi :

Presiden Republik Indonesia,
Sesudah mendengar pembicaraan oleh Komite Nasional Pusat tentang usul supaya sebelum MPR dan DPR dibentuk kekuasaannya yang hingga sekarang dijalankan oleh Presiden dengan bantuan sebuah Komite Nasional menurut pasal IV Aturan Peralihan dari UUD hendaknya dikerjakan oleh Komite Nasinal Pusat dan supaya pekerjaan Kamite Nasional Pusat itu sehari2nya berhubungan dengan gentingnya keadaan dijalankan oleh sebuah badan bernama Dewan Perkerja yang bertanggung jawab kepada Komite Nasional Pusat. Menimbang bahwa didalam keadaan yang genting ini perlu ada badan yang ikut bertanggung jawab tentang nasib bangsa Indonesia disebelah Pemerintah;

Menimbang selanjutnya bahwa usul tadi berdasarkan paham kedaulat rakyat ;
Memutuskan :

Bahwa Komite Nasional Pusat, sebelum terbentuk MPR dan DPR diserahi kekuasaan legislatif dan ikut menetapkan garis2 besar haluan negara, serta menyetujui bahwa Pekerjaan Komite Nasional Pusat sehari2 berhubungan dengan gentingnya keadaan dijalankan oleh sebuah Badan Pekerja yang dipilih diantara mereka dan yang bertanggung jawab kepada Komite Nasional Pusat.

Jakarta , 16 Oktober 1945
Wakil Presiden Republik Indonesia
MOHAMMAD HATTA.

Spoilerfor detail:


Quote:gbr atas : permulaan Revolusi, Penjagaan dimana-mana, yang bersenjatakan bambu runcing.gbr tengah : Jika tanah air sudah merdeka, setiap orang wajib membelanya.gbr bawah : Latihan Militer dari Zaman Jepang bekal yang sangat berharga.didalah Tentara
Keamanan Rakyat(TKR) mereka merupakan tulang punggung negara.dalam hal ini perlu disebut LetJen Urip Sumoharjo sebagai salah seorang organisator yang terpenting.

Spoilerfor detail:


Quote:Kedahsyatan Revolusi. penurunan bendera 3 warna diganti dengan 2 warna. yang berkibar diatas hotel Yamato di Tunjugan. Peristiwa ini disebut "Insiden Bendera" pada tanggal 19 September
1945.Rakyat Surabaya sepenuhnya menguasai Kota dan gedung2 yang diduduki pendudukan tentara Inggris. Luar biasa hebatnya semangat pembelaan dikalangan Pemuda.

Spoilerfor detail:

Quote:Pertempuran sengit di Surabaya.Senjata modern tentara Inggris bukan tandingan rakyat Surabaya. tapi itu lah keajaiban dari Revolusi,dimana rakyat bertekad melawan tentara Inggris. dan tentara Inggris pun terjepit kedudukannya.Datanglah pada 29 Oktober 1945 dengan pesawat terbang bung Karno,Bung Hatta dan Mr. Amir Sjarifuddin. hentikan pertempuran !! perintah Bung Karno. dan berhentilah seketika
pertempuran.Di Surabaya pada Permulaan Revolusi orang2 Tionghoa berjuang bahu membahu dengan rakyat Indonesia.

Spoilerfor detail:

Quote:Kongres Pemuda di Jogja yang bertepatan dengan Pertempuran Surabaya.kongres pertama ini sangat penting untuk perjalanan Revolusi selanjutnya.
gmr bwh :sudah barang tentu kongres tidak lengkap jika tidak ditutup dengan rapat raksasa.Bung Karno menyampaikan wejangan di alun2 jogja (10 Nopember).

Spoilerfor detail:


Quote:Pemancar Radio di Solo dan Jogja terus mengudara dengan Semangan Revolusi. Inggris dan Belanda tahu benar akan hal ini, bahwa pada sumber2 inilah antara lain semangat perjuangan bangsa
Indonesia harus dipatahkan. maka datanglah pesawat2 R.A.F pada tgl 25 November jam 8.30 pagi menyerang stasiun radio Jogja dan Solo. Kemudian datang lagi pada tgl 27 November pesawat R.A.F mengebom gedung2 siaran radio, Balai Pertemuan dan Sono Budono (Jogja) Stelah Pengeboman dipasang Poster pengejek yang berbunyi : "Gagah benar !",Ditujukan kepada
angkatanudara Inggris yang mengebom dengan semena-mena.Gedung S.R.V Solo setelah pengeboman,Kerusakan pada gedung Sono Budoyo dan Komplek sekitarnya.

gbr bawah : di Jogja akibat pengeboman lebih besar dab berpusat pada gedung siaran radio yang menjadi sasaran.
Spoilerfor detail:

Quote:gambar-gambar Korban tentara Nica (Belanda). tentara Nica membunuh Orang Tua,perempuan sampai anak-anak.
Spoilerfor detail:


Quote:Api peperangan berkobar dimana-mana. Di Bandung,Semarang,Semarang,Ambarawa, Surabaya. surat Kabar waktu itu sungguh tidak kekurangan berita hangat.

gbr tengah : dengan penghancuran ini Bandung ikut pula mencatat sejarah Revolusi dengan Tinta Emas.

gbr Bawah : Di Jawa Tengah Perang berpusat di Semarang,Kapal-kapal perang Inggris menembaki Pertahanan Rakyat dari Laut. Kemudian menembuslah pasukan-pasukan bermotor Inggris ke Ambarawa dan Magelang. Dimana-mana mereka menghadapi Perlawanan sengit dari rakyat. Berkat kesabaran dan keuletan rakyat akhirnya tentara Inggris berhasil dihalau dari kota Magelang (21 November).gambar Pemuda dengan berbondong2 menuju ke Kota Tidar.

Spoilerfor detail:

By sawahz at 2012-08-09


Quote:Atas : maklumat Pemerintah tanggal 1 November 1945, lebih dikenal dengan Manifes Politik, yang seterusnya menjadi Pedoman Pemerintah Republik Indonesia.
bawah : Maklumat Dewan Menteri, memuat program kabinet Sjahrir pertama yang pada tanggal 14 November 1945 menggantikan kabinet Presidentil.
Spoilerfor detail:


digedung inilah Kementrian Penerangan RI mulai melangkah sebagai Organisasi. dikantor ini yang hanya sedikit jumlah pegawainya. Gedung tersebut terletak di Jalan Cilacap Jakarta.

gbr bawah : Gambar Surat Kabar.

Spoilerfor detail:


Quote:Moral Support dari Luar Negeri.
atas : di Amerika perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia mendapat simpati besar dari kalangan buruh. sekitar 1000 orang melakukan Demo didepan Konsulat Belanda di San Fransisco. Seorang Harry Bridges telah menyerang pula politik imperialis Belanda. Dengarkan apa kata orang disana
waktu itu : " Bangsa Indonesia menuntut kemerdekaan yang telah dijanjikan selama peperangan. tapi bukan kemerdekaan yang diberikan, melainkan pemboman oleh pesawat2 Inggris dan Belanda. Menurut berita wartawan2 yang berada di Indonesia jumlah korban berkisar 1000 Jiwa Perempuan dan anak-anak mati terbunuh.

bawah : Demo di Australia yang berpusat di Melbourne dan Sydney untuk menentang angresi Belanda di Indonesia. Peserta Demo adalah dari rakyat Australia dan rakyat Indonesia yang tinggal di Australia.

Spoilerfor detail:


Quote:Tgl 5 Oktober 1945 Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dibentuk.

gbr samping : Jendral Sudirman yang mengikuti pertumbuhan tentara Revolusi hingga menjadi TNI. yang dapat dibanggakan.
Tentara Keamanan Rakyat menjadi Tentara Keselamatan Rakyat, kemudian menjadi Tentara Republik Indonesia dan akhirnya menjadi Tentara Nasional Indonesia (Sejarah pergantian nama tentara).

bawah : Latihan besar2an Militer pertama TNI diadakan di bawah Candi Borobudur. Tampak Jendral Sudirman, diiringi oelh perwira-perwira, mengadakan inspeksi terhadap barisan2 yang ikut serta dalam latihan.
Spoilerfor detail:


Quote:Gema Revolusi berkumandang diseluruh Nusantara . Tua Muda,Laki-laki Perempuan memanggul senjata, rela berkorban harta dan Nyawa untuk membela Nusa dan Bangsa.
Spoilerfor detail:


Quote:sementara Revolusi berjalan roda ekonomi juga berjalan. gambar2 berikut diantaranya :
Pemetik2 kopi teteap menjalankan pekerjaan mereka.

Tengah : Rakyat dan Pemerintah mengusahakan tambang-tambang emas yang merupakan kekayaan Indonesia yang tidak sedikit jumlahnya. Tambang-tambang emas diantaranya di Jawa,Sumatera dan Sulawesi.
bawah : Bangka tetap menghasilkan Timah. Timah terdapat juga di Biliton dan Singkep. Timah merupakan salah satu export terpenting Indonesia pada saat itu.
Spoilerfor detail:

Quote:Madura jadi pulau Garam di Indonesia. Pemandangan Pabrik Garam di Kaliangat.
tengah : Orang Indonesia sedang memproduksi karet Sintesis. karena ongkos produksinya tinggi, harga karet sintesis lebih mahal dari harga karet biasa.
bawah : gambar pabrik Gula di Jawa.
Spoilerfor detail:


Quote:salah satu modal asing masuk adalah ke sektor minyak. Gambar alat2 mesin di Cepu.kebun Tembakau, Deli Tabak dan Vorstenlandse tabak. kedua nama terkenal didalam perdagangan tembakan Internasional.
Spoilerfor detail:

Quote:gambar pemandangan pohon jati dilihat dari udara.
bawah : Gambar Nelayan pantai utara Laut Jawa.

Spoilerfor detail:

OLO PANGGABEAN The Real Medan Godfather

Haloo agan-agan sekalian, Hari ini ane mau berbagi kisah tentang sepak terjang 'The Godfather' sesungguhnya dari kota Medan. Olo Panggabean, yang pada masa jayanya begitu ditakuti dan disegani. Bukan hanya oleh lawan tapi juga kawan. The Real Godfather of Medan City !


The Prolog

Tanya saja sesiapa pun di kota Medan ini, semua kenal.. Olo Panggabean preman besar. Ts tahu betul sejarahnya. Nama sebenarnya Sahara Oloan Panggabean. Lahir di Tarutung 24 Mei 1941. Meninggal pada 30 April 2009 semasa berumur 67 tahun. Olo adalah anak ketujuh dari delapan bersaudara dari pasangan Friedolin Panggabean dan Esther Hutabarat, keluarga Kristen. Sampai akhir hayatnya beliau tidak pernah menikah. Kebetulan ayah Ts pernah menjadi salah satu anak buah kesayangan Olo Panggabean. hehe


Olo adalah seorang tokoh yang terkenal karena kegiatannya di bidang perjudian dan juga karena sifat sosialnya. Diperhitungkan setelah keluar dari organisasi Pemuda Pancasila, saat itu di bawah naungan Effendi Nasution alias Pendi Keling, salah seorang tokoh Eksponen ‘66’. Tanggal 28 Agustus 1969, Olo Panggabean bersama sahabat dekatnya, Syamsul Samah mendirikan IPK (Ikatan Pemuda Karya). Masa mudanya itu, dia dikenal sebagai preman besar kota Medan.


THE GODFATHER

Wilayah kekuasannya di kawasan bisnis di Petisah. Dia juga sering dipergunakan oleh pihak tertentu sebagai debt collector. Sementara organisasi yang didirikan terus berkembang, sebagai bagian dari lanjutan Sentral Organisasi Buruh Pancasila (SOB Pancasila), di bawah naungan dari Koordinasi Ikatan – Ikatan Pancasila (KODI), dan pendukung Penegak Amanat Rakyat Indonesia (Gakari). Olo Panggabean sering disebut sebagai seorang “Raja Perjudian” yang berpengaruh di kawasan tersebut, meskipun tuduhan terhadapnya belum dapat dibuktikan pihak berwajib.
Olo Panggabean pernah dituding sebagai pengelola sebuah perjudian besar di Medan. Semasa Brigjen Pol Sutiono menjabat sebagai Kapolda Sumut (1999), IPK pernah diminta untuk menghentikan praktik kegiatan judi. Tudingan itu membuat Moses Tambunan marah besar. Sebagai anak buah Olo Panggabean, Moses menantang Sutiono untuk dapat membuktikan ucapannya tersebut.

Persoalan ini diduga sebagai penyulut insiden di kawasan Petisah. Anggota brigade mobile (Brimob) terluka akibat penganiayaan sekelompok orang. Merasa tidak senang, korban yang terluka itu melaporkan kepada rekan–rekannya. Insiden ini menjadi penyebab persoalan, sekelompok oknum itu memberondong “Gedung Putih” markas besar Olo Panggabean dengan senjata api. Kisah yang satu ini sempat membuat Medan menjadi mencekam dan tegang selama berminggu-minggu.

Ia juga pernah menerima perintah panggilan dari Sutanto sebagai Kapolda Sumatra Utara, mengenai judi itu. Tapi ditolak Olo. Susanto memegang kuasa mulai tahun 2005, menyebabkan kegiatan perjudian Olo mulai terhernti. Olo dikabarkan akhirnya berfokus pada bisnis legal, seperti POM Bensin , Perusahaan Pengangkutan (PO), Showroom dan sebagainya.
Kota Medan kini tanpa Godfather "Olo Panggabean"


OLO PANGGABEAN "THE ZORRO" bagi sebagian rakyat Medan.

Ada kisah, pernah muncul di media massa Indonesia. Ada keluarga yang anaknya ditahan di sebuah rumah sakit, karena tak mampu membayar biaya bersalin. Tiba-tiba pihak rumah sakit melayani keluarga itu dengan baik. Rupanya baru diketahui Olo Panggabean telah melunasi biaya sepenuhnya. Ada juga diceritakan peniaga yang dihancurkan warungnya oleh pihak penguasa, tapi diganti sepenuhnya oleh Olo Panggabean.

Begitu juga kisah sedih bayi kembar siam Angi-Anjeli anak dari pasangan Subari dan Neng Harmaini yang tidak mampu membiayai operasi pemisahan di Singapura, tahun 2004. Dia yang menanggungnya. Begitu juga kisah ibu bayi, Neng Harmainib, melahirkan anak kembar siamnya di hospital Vita Insani, Pematang Siantar, 11 Februari 2004, melalui Operasi Caesar.
Olo Panggabean bertindak cepat menanggung semua biaya yang diperlukan. Bahkan sewaktu bayi bernasib malang itu tiba di Bandara Polonia Medan pada Julai 2004, Olo Panggabean menyempatkan diri menyambut dan menggendongnya.

Akhir Hayat Olo Panggabean

Setelah menjalani pengobatan di Singapura dikarenakan komplikasi diabetes, Olo Panggabean Sang "Godfather" meninggal dunia di Medan pada tanggal 30 April 2009.
Seingat Ts, Olo Panggabean memang hobby minum, jelas minuman alkohol bermutu seperti Chivas, XO dan Brandy. Mungkin karena komplikasi tersebut beliau meninggal.

Selamat jalan Bapak Olo Panggabean, engkau adalah sosok dermawan yang tak akan kami lupakan.

Zorro dari tanah batak...


cool "Begitulah nukilan sekilas sejarah OLO Panggabean The Real Medan Godfather ini." Walau dikenal sebagai Preman Besar tapi ternyata beliau ada sisi kemanusiaannya juga. Rest in Peace Om.





Kawasan "Gedung Putih" yang begitu terkenal di Medan

5 Insiden Menyedihkan Sepanjang Sejarah Olimpiade

Spoilerfor 1:
1. Bom Pipa di Olimpiade Atlanta

Tanpa dinyana namanya juga tragedi. Dalam perhelatan Olimpiade Musim Panas tepatnya di kota kelahiran pejuang hak asasi manusia Martin Luther King, Atlanta, pernah terjadi ledakan tiga bom pipa.

Tiga bom pipa itu meledak persis di Centennial Park, yaitu taman yang khusus disiapkan sebagai pertanda peringatan 100 tahun Olimpiade. Setidaknya dalam tragedi ini 100 orang harus mengalami luka-luka di lokasi kejadian dan dua orang harus kehilangan nyawanya.


Spoilerfor 2:
2. Aksi Teroris di Olimpiade Munchen 1972

Bagi Anda yang pernah menyaksikan film yang dibintangi Eric Bana berjudul Munchen dan film dokumenter One Day in September, pastilah sadar tema yang diangkat oleh kedua film itu apa.

Ya, tragedi Olimpiade di Munchen tahun 1972. Peristiwa yang dikenal sebagai Black September ini, setidaknya 11 orang dalam kontingen olimpiade asal Israel harus meregang nyawa oleh para kelompok radikal Palestina
Peristiwa M√ľnchen


Spoilerfor 3:

3. Knut Jensen Tewas saat bertanding

Pesepada asal Demark ini tak bakal menyangka bahwa Olimpiade 1960 yang diikuti adalah olimpiade terakhir dalam hidupnya. Di panas teriknya cuaca Roma ketika ia, Knut mendadak jatuh dari sepedanya.

Pertolangan medis diberikan tapi apa lacur nyawa Knut tak bisa diselamatkan beberapa hari kemudian. Dari hasil otopsi, dia tewas lantaran serangan jantung dan ada zat amfetamin di jantungnya.


Spoilerfor 4:
4. Fransisco Lazaro tewas “kepanasan” saat bertanding

Atlet ini adalah seorang pelari marathon asal portugal, dan entah kenapa di saat dirinya bertanding pada tahun 1912 di Olimpiade Stockholm, Swedia, bukannya lari dan menyentuh garis finish, eh malah ambruk dan meninggal keesokan harinya setelah dirawat. Tubuhnya dilaporkan tak mampu menahan panas 106 derajat saat pertandingan berlangsung.


Spoilerfor 5:
5. Pemain Denmark tewas di Olimpiade 1960

Naas, apa mau dikata takdir berkata lain kepada delapan pemain sepakbola Denmark ini. Pada 16 Juli 1960 tim sepakbola Denmark ini mengalami kecelakaan penerbangan dengan menggunakan maskapai Zone-Redningskorpset, di Copenhagen.