Laman

Wednesday, July 13, 2011

Mitos Kantong Air Bisa Mengusir Lalat

Backgrounds:
Sebelumnya aku mau sharing pengalaman sendiri nih.Kalo agan2 yang sering traveling, pastinya sering berkunjung ke tempat makan khas daerah tersebut.

Pernah sempet pergi ke daerah jawa tengah, waktu itu cuacanya agak panas gan akhirnya mau gak mau kita merapat ke restorant beli makan plus minum dingin.

Yang bikin aneh di setiap sudut restorant ini ada kantong air bertebaran. Kalo kata pemiliknya buat bikin adem warungnya dan sekalian ngusir lalat. Whaattzz ???

Setelah ane cek ternyata banyak warung yang latah pake kantong air, malah didalamnya ada yang dikasih cabe merah segede gaban. Kata orangnya lebih maknyus ngusir lalatnya.

Ada pendapat lebih konyol lagi nih:
- kalo musim panas orang tua saya dulu sering pasang kantong air
- yang paling konyol katanya buat jimat narik pelanggan. Oh no..

ane penasaran nyari jawabannya. Seemua jawaban orang gak masuk akal. Must be explanation.......


Spoiler for Kantong air:


Permasalahan:
Kantong air bisa mengusir lalat atau hanya sekedar mitos saja ?

Penjelasan:
Terpaksa ane research kecil-kecilan nih, ternyata ada 3 pendapat kuat:
1. lalat menganggap permukaan air yang bening mirip dengan bagian tubuh lalat
2. Kantong air seperti cermin, memantulkan bayangan lalat sehingga dia takut oleh bayangannya sendiri
3. kantong air berfungsi sebagai light refraction

Yang paling terbukti ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan adalah light refraction. Simplenya Refraksi cahaya terjadi ketika objek yang jelas atau buram, seperti sepotong kaca atau kantong air, dapat mengubah arah dan kecepatan cahaya. Sinar cahaya yang normal bentuknya seperti garis lurus sedangkan kalau terjadi refraksi bentuknya menekuk. Efek ini menimbulkan sejumlah ilusi optik, seperti fatamorgana, kadang-kadang membingungkan manusia juga.

Spoiler for light refraction:


Spoiler for contoh nyata light refraction:


Secara teori, refraksi bisa sama membingungkan bagi beberapa spesies serangga, terutama lalat tersebut. Karena bisa menigkatkan sensitifitas mata lalat yang memungkinkan melihat berbagai arah sekaligus.

Kepala serangga sebagian besar terdiri dari sepasang mata besar yang kompleks, masing-masing terdiri dari 3.000 sampai 6.000 mata sederhana. Mata ini tidak bisa bergerak atau fokus pada objek seperti mata manusia, mata lalat memberikan gambaran mosaik pada objek di sekelilingnya. Setiap mata sederhana menyediakan satu bagian kecil dari layar, seperti piksel di layar monitor yang memberikan satu detail dari gambar yang lebih besar.

Lalat berorientasi pada arah datangnya cahaya matahari. Beberapa ahli entomologi percaya bahwa ketika mata kompleks yang sensitif dibiaskan cahaya, lalat akan menjadi bingung.

Spoiler for mata lalat:


Spoiler for mata lalat diperbesar:


Kata kunci:
- Mata lalat yang kompleks
- Cahaya

Kesimpulan:
Mata lalat yang kompleks dan cahaya ternyata memegang peranan penting terjadinya light refraction. Jadi kantong air yang terkena cahaya secara langsung bisa membuat lalat menjadi bingung dan akhirnya gak ada sebiji pun lalat yang berani deketin kantong air.

Aplikasi:
Kalau ingin mengusir lalat kita tidak perlu lagi menambahkan cabe merah segede gaban atau naro kantong air hampir di setiap sudut apalagi ditambahin ditambah huruf arab, yang paling penting taro kantong air sedekat mungkin dengan cahaya matahari ataupun lampu karena cahaya merupakan sumber utama terjadinya refraction. Itu yang membuat lalat ngacir dan tempat kita bebas dari lalat.

Ane udah buktiin sendiri nih. Tempat sampah depan rumah, gw kasih 2 kantong air gede di pinggirnya hasilnya gak ada lalat satupun.....

Note:
- Negara mexico ternyata sudah mengadopsi metode ini sejak lama
- Kantong air terbukti bisa mengusir lalat
- Kantong air belum terbukti menurunkan suhu ruangan
- Kantong air belum terbukti bisa menarik pelanggan
- kalo rumah ente deket TPA siapin aja kantong air yang banyak kalo perlu ribuaann...