Laman

Tuesday, July 12, 2011

10 Karya Bangunan Menakjubkan Sepanjang Sejarah

Info 10 kali ini adalah melihat karya bangunan menakjubkan sepanjang sejarah, dari zaman kono sampai zaman modern sekarang.
Quote:
1. Saint Basil’s Cathedral

Quote:
Quote:
Quote:
Saint Basil’s Cathedral berada di kota Moscow, Rusia. Katedral ini melambangkan pertumbuhan kota sejak abad ke 14. Dirikan pada tahun 1555. Katedral ini merupakan bangunan tertinggi di kota Moscow sampai tahun 1600 sebelum Great Bell Tower / menara lonceng besar didirikan. Bentuk bangunannya terinspirasi dari bentuk api, bentuk api yang menyala sampai kelangit.
Quote:
2. Machu Picchu

Quote:
Quote:
Machu Picchu adalah situs komplek bangunan yang berlokasi di ketinggian 2.430 meter di atas permukaan laut di Negara Peru. Bangunan ini sering disebut sebagai “The Lost city of the Incas”. Didirikan tahun 1432 sampai tahun 1472. Komplek bangunan Ini diperkenalkan kepada komunitas internasional baru pada tahun 1911 oleh Hiram Bingham, ahli sejarah Amerika.
Quote:
3. Candi Borobudur

Quote:
Quote:
Candi ini merupakan salah satu candi Budha terbesar di dunia. Candi ini dibangun ketika Samaratungga – raja dari dinasti Syailendra memerintah di Jawa Tengah. Candi Borobudur terletak di desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur sangat besar dan terdiri dari blok batu-batu besar dengan arsitektur yang sangat megah. Informasi lebih lanjut tentang tujuan wisata Borobudur kunjungi situs http://www.borobudurpark.co.id/
Quote:
4. Masjid Al Haram

Quote:
Quote:
Al-Masjid Al-Haram merupakan masjid terbesar di dunia. Terletak di kota Mekkah, di dalamnya terdapat Kaaba, tempat Umat muslim seluruh dunia menoleh ke arahnya ketika Shalat dan berdoa dan dianggap tempat yang tersuci di bumi oleh umat Islam.
Masjid ini juga dikenal sebagai Grand Mosque. Saat ini strukturnya yang mencakup wilayah 400.800 meter persegi termasuk luar dan dalam, dapat menampung sampai 4 juta orang selama ibadah haji.
Quote:
5. Forbidden City / Kota Terlarang

Quote:
Quote:
Kota Terlarang didirikan dari tahun 1406 sampai tahun 1420, area bangunan ini luasnya mencakup dari 720.000 meter persegi. Di kota inilah kaisar Cina menjalankan pemerintahan lebih setengah abad. Nama kota yang misterius ini datang dari kenyataan bahwa tak seorangpun diizinkan masuk atau keluar dari komplek kota tanpa persetujuan kaisar.
Quote:
6. Great Wall of China / Tembok Raksasa

Quote:
Quote:
Satu lagi karya bangunan Cina yaitu Great Wall. Dibangun mengelilingi Cina pada abad ke 7 masehi dan berfungsi melindungi terhadap berbagai macam kelompok pengembara. Bangunan ini hanya dinding tunggal dan sangat panjang mencapai 2.000 mil.
Quote:
7. Taj Mahal

Quote:
Quote:
Taj Mahal adalah bukti bangunan dari peradaban mughal dan kekuasaan sub-continent. Bangunan ini melambangkan cinta dari kaisar mughal, Shah Jahan untuk istrinya Mumtaz Mahal. Merupakan salah satu contoh terbaik karya arsitektur mughal di daerah itu dengan indahnya kehidupan islam, india dan gaya bangunan persia .
Quote:
8. Burj Khalifa

Quote:
Quote:
Burj Khalifa adalah Bangunan tertinggi di dunia saat ini. Ketinggiannya 828 meter dari dasar sampai puncak. Pembuatanya menghabiskan 1.5 milyar dolar Amerika dan sekarang merupakan salah satu tempat tujuan paling luar biasa di dunia.
Quote:
9. Three Gorges Dam / Bendungan Raksasa

Quote:
Quote:
Bangunan ini adalah pembangkit listrik terbesar di dunia. Sekali di oprasionalkan, pembangkit listrik ini akan menghasilkan kapasitas daya listrik sama dengan 15 daya nuklir. Bendungan terdiri dari 610 kaki dinding tinggi yang berjarak 1.3 mil dari bank ke bank. Karya yang luar biasa, Three Gorges Dam dapat diamati juga dari luar angkasa.
Quote:
10. Pyramids of Egypt / Piramid Mesir

Quote:
Quote:
Ini adalah bangunan piramid 138 Mesir dan merupakan misteri abadi bagi umat manusia karna untuk bangunan sebesar itu pada zaman kono sangat luar biasa dan besar, tentu untuk membangunnya diperlukan pekerja yang sangat banyak dan peralatan yang luar biasa juga. Piramida terbesar yaitu khufu yang berada di Giza. Piramida ini satu-satunya bangunan menakjubkan dunia kuno. Dahulu bangunan disebut sebagai “The Houses of Eternity”.