Laman

Friday, July 8, 2011

Daging Bekicot(siput) Terbukti sehat dan Lezat

Jika para agan ke Perancis, di sana ada masakan yang kondang disebut escargot. Apa itu? Agan mungkin terkejut bahwa escargot merupakan masakan berbahan baku daging bekicot. Di Jepang pun demikian halnya, bahkan pengolahan bekicot ini begitu sederhana, hanya dengan bumbu jahe, cuka dan pemanis. Tapi, betapa lezatnya daging bekicot itu!

Itu sebabnya Perancis dan Jepang selalu mengandalkan pasokan daging bekicot. Beberapa negara lain juga selalu mengimpor daging bekicot, seperti Hongkong, Belanda, Taiwan, Yunani, Belgia, Luxemburg, Kanada, Jerman dan Amerika Serikat.

ini dia gan kandungan dari si lemot


Quote:
Saat mencicipi sate bekicot, Anda akan merasakan suatu rasa yang unik karena teksturnya yang mirip perpaduan daging ayam dengan kerang. Terasa kenyal dan gurih dilidah.

Rupanya bekicot bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung antioksidan tinggi untuk kesehatan sekaligus meningkatkan stamina. Bekicot juga kaya akan omega 3 dan omega 6 untuk menjaga kolestrol. Bahkan berdasarkan penelitian dari Australia, bekicot mengandung zat yang dapat membunuh virus kanker.

mungkin Kalsium dan Asam Amino
Barangkali menimbulkan tanda tanya, kenapa orang menyukai daging bekicot? Ya, lihat saja kandungannya. Dalam rangka memenuhi tuntutan kecukupan gizi, bekicot merupakan salah satu alternatif yang patut diperhitungkan.

Creswell dan Kopiang (1981) merinci komposisi kimia bekicot, ternyata dagingnya memang kaya protein.


sumber data lain menunjukkan, protein yang terkandung sekitar 12 gram per 100 gram dagingnya. Kandungan lain adalah lemak 1%, hidrat arang 2%, kalsium 237 mg, fospor 78 mg, Fe 1,7 mg serta vitamin B komplek terutama vitamin B2.

Selain itu kandungan asam amino daging bekicot cukup menonjol. Dalam 100 gr daging bekicot kering antara lain terdiri atas leusin 4,62 gr, lisin 4,35 gr, arginin 4,88 gr, asam aspartat 5,98 gr, dan asam glutamat 8,16 gr.
Efek samping yang malah bkin kehebatan
Quote:
Bukankah daging bekicot mengandung bakteri salmonella? Memang betul! Tapi ada cara untuk mengusir bakteri tersebut, yakni teknik pengolahan yang benar. Malahan dari temuan di lapangan, di Kediri, mereka yang biasa makan daging bekicot mengaku dapat menyembuhkan gatal-gatal, batuk, kudis dan sebagainya.

para daging ini sering kali diolah menjadi sate yang lezat abis gan

Spoiler for sate bekicot:




kalo enggak jadi kerpik ni gan

Spoiler for keripik bekicot: