Laman

Friday, July 8, 2011

The free-kick marker spray – Senjata baru para wasit


Bagi anda yang mengikuti pertandingan di Copa America 2011, anda mungkin melihat sesuatu yang baru. Ya, ketika terjadi pelanggaran, wasit akan menyemprotkan sesuatu ke rumput. Mungkin akan terlihat seperti upaya wasit untuk menghilangkan bau pada sepatunya . Bukan, ini adalah salah satu senjata terbaru wasit sepakbola – the free kick marker spray.


Semprotan busa putih seberat 115 gram yang bersifat non-kontaminasi ini digunakan pada rumput, rumput sintetis atau tanah dan akan menghilang antara 45 detik sampai dua menit setelah disemprotkan. Semprotan ini berguna untuk menandai batas yang tidak boleh dilewati oleh penendang bebas maupun pagar betis pada saat terjadi tendangan bebas
Quote:
Metode ini ditemukan oleh Pablo silva seorang mantan pemain argentina (sekarang bekerja sebagai jurnalis). Dia menemukan ide ini ketika dia gagal mencetak gol melalui tendangan bebas pada masa injury time. Pada saat itu kesebelasannya tertinggal 0-1 dan dia diberi kepercayaan untuk mengambil tendangan bebas yang diharapkan bisa berbuah gol.
Tapi yang terjadi adalah pagar betis yang telah ditentukan oleh wasit bergerak maju 3 meter dari posisi awalnya dan wasit tidak menggubris hal itu. Akhirnya dia gagal mencetak gold an harus pulang dalam keadaan sedih dan marah. Dalam hati dia berkata seseorang harus melakukan sesuatu untuk mengatasi masalah ini.
Ketika dia mempresentasikan penemuannya kepada Sepp Blatter (presiden FIFA) pada pertemuan komite eksekutif FIFA di rio de janeiro 2009, Blatter terkesan dengan presentasi dari wadah aerosol itu dan mengatakan jika itu baik untuk sepakbola tidak ada alasan untuk melarang penggunaannya.
Quote:
Untuk saat ini , metode ini sedang diuji coba di liga Amerika Latin untuk menandai jarak yang tepat untuk pagar betis pada saat pengambilan tendangan bebas. Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CSF) mulai menyetujui penggunaan spray oleh wasit untuk menandai batas-batas di lapangan pada pertandingan di Copa Sudamericana (setara dari Liga Europa) Setelah terbukti sukses di Copa Sudamericana, CSF meng-upgrade penggunaannya untuk Piala Libertadores dan pada tahun ini semprotan ini dipakai di Copa America 2011.

Laporan media di Argentina mengatakan, penggunaan spray ini sangat efektif, terbukti dengan peningkatan jumlah gol yang di cetak melalui tendangan bebas sejak diperkenalkan pada divisi dua di argentina. Spray ini juga sudah mulai dipakai di liga brasil dan meksiko.

Kita tunggu saja apakah spray ini juga akan digunakan di liga2 eropa dan piala eropa tahun depan. Sehingga kita bisa menyaksikan lebih banyak gol2 cantik yang dicetak dari tendangan bebas.