Laman

Tuesday, June 21, 2011

Tahun 1912 Bursa Efek di Batavia Didirikan



AMSERDAMSE Effectenbueurs mendirikan cabang bursa efek di Batavia bernama Vereigning voor de effectenhandel. di tingkat Asia, bursa Batavia tersebut merupakan yang tertua keempat setelah Bombay, Hong Kong, Tokyo.

Dalam sejarah pasar modal indonesia , kegiatan jual beli saham dan obligasi dimulai pada abad 19. menurut buku Effectengids yang dikeluarkan Verreniging voor den Effectenhandel pada 1939, jual beli efek telah berlangsung sejak 1880.

Sekitar awal abad ke 19 pemerintah kolonial Belanda mulai membangun perkebunan secara besar2an di Indonesia . Sebagai salah satu sumber dana adalah dari para penabung yang telah dikerahkan sebaik-baiknya. Para penabung tersebut terdiri orang Belanda dan Eropa lainnya yang penghasilannya sangat jauh lebi tinggi daripada penghasilan penduduk pribumi

Atas dasar itulah , pemerintah kolonial waktu itu mendirikan pasar modal. setelah mengadakan persiapan , akhirnya berdiri pasar modal di Indonesia secara resmi terletak di Batavia ( Jakarta ) dan langsung memulai perdagangan.


Jadi inilah awal mula bursa efek yang ada di Indonesia