Laman

Tuesday, June 21, 2011

Keindahan Kota Tua Jakarta, Batavia Lama


Quote:


Kota Tua Jakarta, juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia), adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta, Indonesia. Wilayah khusus ini memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka).Dijuluki "Permata Asia" dan "Ratu dari Timur" pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa, Jakarta Lama dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah.
Tempat menarik di Kota Tua
Quote:
Sebagai permukiman penting, pusat kota, dan pusat perdagangan di Asia sejak abad ke-16, Oud Batavia merupakan rumah bagi beberapa situs dan bangunan bersejarah di Jakarta:
1. Jakarta Kota Station
Spoiler for Jakarta Kota Station:


Stasiun Jakarta Kota lebih dikenal sebagai Stasiun Beos, merupakan kependekan dari Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschappij (Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur). Nama lain untuk Stasiun Jakarta Kota ini yakni Batavia Zuid yang berarti Stasiun Batavia Selatan. Nama ini muncul pada akhir abad ke-19, karena Batavia memiliki stasiun kereta api Batavia Noord (Batavia Utara yang yang terletak di sebelah selatan Museum Sejarah Jakarta sekarang). Batavia Noord pada awalnya merupakan milik perusahaan kereta api Netherland Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) dan merupakan terminal untuk jalur Batavia- Buitenzorg (Jakarta - Bogor), yang pada tahun 1913 jalur Batavia - Buitenzorg ini dijual kepada pemerintah Hindia Belanda dan dikelola oleh Staats Spoorwegen (SS).
Quote:
2. Jakarta post office
Spoiler for Jakarta post office:
Quote:
3.Meseum Wayang
Spoiler for museum wayang:


Museum wayang terletak dikawasan wisata Kota Tua tidak jauh dari museum Fatahillah. Musuem ini dibangun pada tahun 1640 sebagai gereja yang bernama De Oude Hollandsche kerk (gereja lama Belanda) lalu diperbaiki pada tahun 1808 dengan nama De Nieuwe Hollandse kerk (gereja baru Belanda) lalu masih pada tahun yang sama gereja ini hancur oleh gempa bumi dan rerntuhannya inilah yang dibangun museum wayang.
Quote:
4.Jembatan kota intan
Spoiler for Jembatan kota intan:


Jembatan Kota Intan berada dekat Hotel Omni Batavia di wilayah Kota Tua, tepatnya di jalan Kali Besar Barat. Jembatan ini berfungsi sebagai jembatan penyeberangan di atas Kali Besar.
Jembatan Kota Intan ini bisa dinaik -turunkan jika ada perahu yang akan melintas di bawahnya karena dilengkapi dengan semacam pengungkit untuk menaikkan sisi bawah jembatan. Saat ini tidak bisa diungkit lagi karena faktor usia.

Quote:
5.Stadhuis Batavia
Spoiler for Stadhuis Batavia:

Kantor Gubernur Jenderal VOC. Bangunan ini sekarang menjadi Museum Sejarah Jakarta.
Quote:
6.Museum Fatahillah
Spoiler for Museum Fatahillah:


Museum Fatahillah yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat dengan luas lebih dari 1.300 meter persegi.
Quote:
7.Wisata Sepeda Ontel
Spoiler for Wisata Sepeda Ontel:


disini kita bisa sewa sepeda untuk dapat berkeliling di Kota tua.
Quote:
8.Gedung lainnya
Spoiler for other:


Spoiler for other:

[center]

Spoiler for other:

[center]

Spoiler for other:

[center]

Spoiler for other:

[center]