Laman

Friday, May 20, 2011

Lima cara atasi rasa mudah takut.

Kita semua takut peperangan. Hanya beberapa tahun yang lalu perasaan takut menghantui saya, khawatir dan cemas. Ketika seluruh hidup kita dikontrol oleh ketakutan, mulailah ketakutan itu menguasi kita.
Ketakutan bukan musuh Anda, ketakutan dan kesulitan adalah hal terutama yang membuat kita dewasa. Ketika Anda memikirkan hal itu, jika hidup Anda terbebas dari segala tantangan, ini akan menyenangkan untuk beberapa waktu, tetapi pada akhirnya akan membosankan karena hidup lewat begitu saja tanpa melalui tantangan apapun setiap hari.
Rasa takut adalah bumbu dalam hidup kita, menggunakannya untuk keuntungan kita dapat membuat perbedaan antara menjadi sengsara dan bahagia. Tetapi sebelum kita bisa melakukannya, kita mungkin perlu mengetahui lima cara berikut untuk menaklukkan rasa takut dan menjadikannya sahabat kita.
Quote:
1. Manfaatkan Keingintahuan Kita
Ketakutan itu terasa menyakitkan ketika kita mencoba untuk menyingkirkannya. Jangan melawan. Biarkan rasa takut merasuki tubuh Anda, sadari sepenuhnya dan berusahalah untuk mengetahui bagaimana hal itu mempengaruhi Anda. Hal lucu akan terjadi ketika Anda melakukan hal ini. Rasa kuatir biasanya hilang karena Anda tidak takut.
Ingat saat Anda mimpi sedang dikejar oleh sesuatu yang mengerikan? Ketakutan adalah sama. Ia mengejar Anda, tetapi sekali Anda berhenti berjalan dan berbalik, ia hilang seperti asap, karena itu hanyalah sebuah ilusi.
Quote:
2. Teknik Membebaskan Emosi (TME)
TME hampir seperti akupunktur, namun tanpa jarum. Saya telah menggunakannya selama beberapa tahun. Hal ini sangat membantu dalam menetralisir ketakutan. Ia berfungsi dengan menekan (menggunakan jari-jari Anda) titik-titik akupunktur di tubuh Anda, yang kemudian menyeimbangkan energi dan dengan demikian menetralkan perasaan tak nyaman tersebut. Kelihatannya aneh, dan saya tidak melakukannya di depan umum, tetapi di tempat kerja. Hal pertama yang Anda mungkin ingin netralisir adalah bagaimana menggelikannya ketika Anda sedang melakukannya. Teori di balik TME adalah emosi negatif yang disebabkan oleh gangguan di medan energi tubuh Anda. TME kemudian digunakan untuk menetralisir dan menyeimbangkan medan energi Anda.
Quote:
3. Bersyukur
Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana susahnya merasa takut, marah atau tertekan sambil berpikir tentang apa yang Anda syukuri? Ada banyak latihan yang dapat Anda lakukan, tapi saya akan memberi kelonggaran pada Anda, karena tidak ada aturan baku dalam merasakan rasa syukur.
Apa yang saya lakukan adalah duduk atau berbaring, memikirkan semua yang saya syukuri dan terus melakukan hingga saya merasa puas dan bahagia. Saya kemudian hanyut dalam perasaan itu dan benar-benar ingin tahu tentang bagaimana saya dapat merasa sangat baik dan bagaimana saya bisa merasa lebih baik. Ajukan pertanyaan yang tepat dan keajaiban (akan) terjadi. Tidak ada perasaan takut ketika Anda dalam perasaan syukur yang mendalam.
Quote:
4. Lakukan saja
Jika Anda adalah tipe orang yang suka melakukan hal-hal dengan cara yang mudah, maka Anda mungkin seperti hanya membiarkan rasa takut berada di sana dan menanggungnya. Tidak ada aturan yang mengatakan bahwa Anda harus membiarkan ketakutan mengendalikan Anda. Bila Anda sudah melakukan hal-hal dengan ketakutan beberapa kali, itu akan hilang dengan sendirinya, karena Anda mulai menyadari bahwa rasa takut tidak ada yang membahayakan.
Ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, jadi lakukan dengan sedikit tindakan nyata. Tidak perlu kuatir bila tidak sempurna. Secara tidak sadar sejak usia dini kita sudah diajarkan bahwa membuat kesalahan adalah buruk.
Quote:
5. Tetap Sadar
Jika Anda belum membaca The Power of Now, saya sarankan Anda membacanya. Ini mengubah hidup saya dan merupakan salah satu dari beberapa buku yang saya baca beberapa kali.
Sadar hanya berarti menyadari tubuh Anda. Anda dapat fokus pada otot Anda, pernapasan atau suara di sekitar Anda. Itu semua tergantung, tetapi Anda tahu kapan Anda melakukannya, karena (dengan demikian) Anda akan merasa berenergi, tenang dan tidak kosong. (Henri Junttila / The Epoch Times / tnm)
Henri Junttila terobsesi akan hidup bebas dan penuh gairah. Ia menjalankan situs Wake Up Cloud, di mana ia memberi tahu Anda bagaimana Anda dapat belajar menemukan gairah Anda dan hidup secara sadar.