Laman

Thursday, July 21, 2011

Tukang AC bilang freon anda kurang? Jangan Percaya !!

Freon termasuk teknologi bandel yg tak perlu di isi ulang dan tidak akan pernah abis selama tidak ada kebocoran. Apalagi jika AC anda beli baru dan belum lama umurnya dan dari merk terkenal (you know lah, masak kudu diperjelas sih), maka kecil kemungkinan terjadi kebocoran dimaksud.

Tukang AC ngomong freon anda kurang itu cuma akal akalan aja utk nyari duit tambahan (50rb). AC jaman sekarang itu bandel2x, sangat awet, cuma perlu di cuci aja tiap 6 bulan sekali (40rb).


foto cuma ilustrasi, bukan tersangka

Justru kalo AC anda di vonis kurang freon, padahal AC anda dari merk terkenal, belum lama umurnya, baru beli; itu sama aja menuduh AC anda gampang rusak. Kalo usia AC nya udah jadul banget, beli di jaman Soeharto waktu masih muda dan ganteng, boleh lah ngomong freon kurang. Tapi kalo AC jaman sekarang mah kecil kemungkinan bocor freon.

Kesimpulannya, jika tukang AC ngomong freon anda kurang, abaikan saja. Kecuali anda yakin usia AC anda sudah sangat tua dan memang curiga freon nya bocor, maka AC nya kudu di copot dan dibawa ke gudang mereka utk di las/tambal, bukannya isi ulang freon.

Freon bocor solusinya di tambal, bukan isi ulang freon nya. Dari situ aja udah keliatan bohong nya kan tukang AC itu ????



Quote:
Originally Posted by indra**** View Post
punya ane dah lama belon pernah servis lho,,,,
masih dingin kok,,,
jangan seneng dulu gan
coba cek blower kipas nya, dengerin suaranya, kalo meraung raung itu artinya perlu di cuci AC indoor nya, suara keras itu terjadi karena kerja extra melawan debu yg ada didalam AC indoor nya


Quote:
Originally Posted by 1april**** View Post
berarti selama ini gw ditipu
brengsek




just my opinion

1april2010

________
smua org yg punya AC pasti pernah ketipu kayak gitu gan

Quote:
Originally Posted by konco**** View Post
kalo di selang kompresor ada warna putih salju gimana ?
kalo ada putih salju, biasanya di barengi dgn AC tidak dingin, trus selang pembuangan air nya gak netes air nya, itu berarti ada masalah sama jenis freon nya. freon abal abal itu gan, tidak sesuai spec pabriknya. freon yg asli harganya mahal, dan tidak akan pernah habis. kode freon AC rumah yg benar adalah R22, pastikan tukang servis nya utk memperlihatkan tabung freon dan memastikan kode nya R22. freon diluar kode itu berakibat sering abis dan kudu di isi ulang (akal2xan tukang AC utk dapat repeat customer); kemungkinan lain kalo freon nya OK, berarti ada masalah sambungan yg perlu di setel ulang

Quote:
Originally Posted by Evil**** View Post
AC ane perasaan cuman dingin bentar pas baru dibersiin, beberapa hari kemudian gak berasa lagi, padahal merk pa***onic ..
see above

Quote:
Originally Posted by U**** View Post
ane gak pake freon gan
selama ini cuman make yang nama nya Musicool ane buktiin sendiri lebih adem dari pd freon ane yang lama dulu ngisi nya cuman sekali itu pun 4 tahun yang lalu sampai sekarang tetep adem
ac ane p***soni* yang g***ric
wah baru tahu ane tuh
tambahan lagi, kalo takut soal freon, jika anda belinya di toko elektronik besar kayak Elec%%%%%City dan sebangsanya, mereka udah included jasa isi freon, dan di jamin asli freon nya, bukan abal2x yg bikin anda kudu isi ulang freon melulu.
ATAU, minta tolong sama org yg jual AC ke anda itu utk kirim orang freon, biasanya mereka gak akan bohong, apalagi kalo belinya di FJB kaskus, hehehehehe, atau di nego aja saat pembelian AC utk include jasa maintenance termasuk freon ini


Quote:
Originally Posted by ib**** View Post
memang bener agan ini...freon di ac baik rumah maupun mobil sebernya ngga bisa habis...
habisnya freon terjadi karena kebocoran saja
nice share gan
Quote:
Originally Posted by w**** View Post
cuma usul aja gan, kalo emang c teknisinya bilang "pa/bu AC anda kurang Freon/Refrigerant..",
coba agan pastiin/minta bukti nya :
1. Minta cek'n Arus Motor Compressornya yg ada di Outdoor Unitnya (pastikan Amperenya harus sama dengan nilai yg di name plate Outdoor unitnya).
2. Pastikan Arus Motor Compressornya yg ada di Outdoor Unitnya tidak kurang/lebih.
3. Minta cek'n kebocoran di sambungan2x pipa pake air sabun.

segitu aja dulu, kl emang berguna silahkan di aplikasikan..
nice share gan

Quote:
Originally Posted by sib**** View Post
Ane kemaren abis bersih bersih kamar...
sekaligus sedot debu debu di kamar pake vacuum cleaner..

nah.. sekalian tuh ane sedot filter di AC yang udah tebel debunya
dan ane ga semprot atau cuci sama sekali lho..

walhasil itu AC duingin lagi..!!

padahal cuman di sedot aja pake vacuum cleaner lho gan
kurang afdol gan
debu nya ada yg nyelip di dalam membentuk semacam kerak yg mustahil bisa kesedot pake vakum
pake vakum cuma menunda masalah aja, cepat atau lambat kudu di semprot pake air gan


Quote:
Originally Posted by N.A.**** View Post
untung ane uda pnya gganan yg baik bgt gan orangny.... no tepu..
semua kalo ada maunya mah baik gan
tukang AC ane juga baik banget, gak taunya


Quote:
Originally Posted by Crazy**** View Post
ckckc klo misalnya ac ane dibersihin kan jadi dingin tuh,terus beberapa minggu kemudian udah kgk dingin lagi itu napa yak ?? ,terus dibersihin lagi ,bahkan schedule bersihin ac ane setiap 2 bulan ckck
penyebab AC tidak dingin:

1. bocor, tinggal lihat gas presurenya atau ketika baru isi freon akan dingin tetapi tidak lama kemudian (bisa jam/hari/bulan) tidak dingin lagi. mencari dimana yang bocorlah yang sulit karena bocornya bisa dibeberapa tempat bila kondisi ac sudah tua.

2. mampat, kalau tekanan dari salah satu pipa dari compressor (lupa pipa in atau out) tidak tinggi, biasanya montir akan menutup pipa ini pakai jari, kalau oli tidak sampai menyembur2, berarti ada yang mampat. mencari dimana yang mampatlah yang sulit, entah di tabung, expansion valve, compressor. mampat adalah kondisi wajar utk ac yg: jarang dipakai, tabung tidak pernah diganti, oli tidak pernah dikuras, compressor tidak pernah diservice. Utk hal ini kondisi dari komponen2 diatas harus dibersihkan.

3. evaporator kotor, ciri sebelum "macet total" adalah kalau ac tercium bau asam berarti evaporator mulai kotor dan sudah saatnya dibersihkan.

4. compressor yang lemah, tinggal dilihat tekanan kompresinya. kalau lapisan teflonnya (istilah saya sendirinya utk menyebut pelapis piston compressor yang berwarna abu-abu) sudah habis maka compressor sudah tidak bisa dipakai lagi.

5. expansion valve lemah, ciri expansion yg sudah lemah adalah tidak terdengarnya suara mendesis (cukup lama) ketika ac baru dinyalakan. expansion valve tidak bisa diperbaiki, banyak montir yang mencoba membersihkan dan menyetel, memang sebentar ac akan dingin tetapi tidak lama sudah tidak dingin lagi. gantilah pakai genuine part yg sesuai karena yg tidak genuine umurnya singkat sekali padahal ongkos membongkarnya mahal.

6. membeku, terlihat kasat matadari pipa yang membeku. pembekuan terjadi biasanya karena thermostat tidak bekerja baik, tekanan kurang, atau freon yang kurang.


Quote:
Originally Posted by noidkub**** View Post
kenapa ini thread seakan2 generalisir semua service AC kaya gitu ya?

bokap ane punya bengkel AC, dan bokap ane bukan tipe bgini, bokap selalu bilang apa yg jadi kerusakan dan apa yg harus dibenerin. ga pernah punya pikiran akal2in customer.malah keseringan dibayarnya kurang karna bokap ane orgnya ga enakan.

hasil kerja bokap ane, buat nyekolahin ane sama kakak ane sampe sarjana.

silahkan agan bikin thread disini, tp jgn bikin thread yg generalisir gan.. biar ada info berimbang.

taro depan biar imbang gan
iya sich gak semuanya gitu, mungkin kondisinya perlu ditambah, terutama buat tukang AC yg gak ngejelasin kayak gitu, cuma vonis freon kurang, gitu aja gan. generalisasi sich gak, cuma udah manggil tukang AC dari 2 sumber, keduanya begitu semua gan. intinya kalo freon kurang/bocor, trus tukangnya ngasih solusi isi freon, kita udah kudu curiga, karena solusi yg benar adalah, AC di copot dan di bawa ke bengkel dia, bukannya isi freon (solusi sementara)

Quote:
Originally Posted by outcold View Post
Setau ane kl bocor yg ditambal ato diganti... Saran dr ane sih pake tukang service langganan yg terpercaya, klo nga ya minta rekomendari teman yg bisa dipercaya.
justru itu rekomendasi teman yg terpercaya gan

Quote:
Originally Posted by tare**** View Post
ane nimbrung gan..

bisa aja gan!!!
- kurang freon karna sambungan pipa dari evap (yang didalem kamar agan ) ama condesor ( yang diluar ) kurang bagus. tergantung gimana teknisi waktu masang nya gan.
- kurang freon karna keseringan di check pressurenya waktu nyuci gan

cara yang bener ya suruh tuh tukang cuci acnya ngukur arus pake tang ampere.. (kalo dah sesuai ma tulisan yang ada di evap gak perlu nambah)

ane pernah sedikit belajar gan..