Laman

Monday, April 18, 2011

Minuman Sarsaparilla

Minuman rasa sarsaparilla ini pada masanya sering menjadi minuman khusus untuk orang yang memiliki hajat tertentu, misalnya sunatan, pernikahan, dsb. Minuman jenis ini sengaja dibeli dan hanya disuguhkan bagi anak yang disunat atau orang yang menjadi pengantin. Hal itu dilakukan untuk menyenangkan hati orang yang tengah menjalani upacara atau tatacara tersebut. Maklum, jenis minuman ini pada zamannya merupakan jenis minuman elit yang mungkin membawa gengsi sosial tertentu pada konsumennya. Sama halnya mungkin, dengan ayam goreng produk Amerika yang membanjiri Indonesia saat ini atau jenis makanan Eropa yang juga marak di Indonesia. Sekalipun mahal harganya orang tetap membeli karena dianggap modern, berkelas, dan simbol kemajuan.

Minuman rasa sarsaparilla jika dikecap di lidah akan terasa semriwing, manis namun tidak sangat manis, aromanya pun khas sarsaparilla yang bagi orang Jawa (Indonesia) mungkin dirasakan sebagai beraroma obat atau jamu (klo kata ane sih rasanya lebih mirip kayak obat kumur yg di tipi2 tuh gan) . Minuman jenis ini dipercayai memberikan efek bersendawa (glegekan) bagi orang yang meminumnya. Oleh karenanya minuman rasa sarsaparilla ini dipercaya mampu menyembuhkan masuk angin atau gejala flu awal.

Rasa semriwing sarsaparilla juga memberi efek lega di rongga dada dan rongga hidung. Barangkali hal ini memang menjadi sifat khas sarsaparilla. Sarsaparilla sendiri adalah nama jenis herbal yang dalam bahasa Latinnya dinamakan Smilax aristolochiaetolia. Jenis perdu berbunga ini mengandung vitamin A, C, D, B-Kompleks (terutama B6), di samping itu juga mengandung kalsium dan zat besi. Kandungan zat-zat semacam itu sering dipercaya dapat melancarkan air kencing, obat awet muda, memberi energi, mengurangi jerawat, menyembuhkan pilek, batuk, dan demam.

Orang-orang Cina percaya bahwa Sarsaparilla berkhasiat untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat arthirtis dan melancarkan kencing.

Zaman dulu Sarsaparilla dikenal untuk awet muda karena mengandung hormon seperti progesterone dan hormon-hormon penting lainnya bagi wanita, dan memberi energi. Sarsaparilla mampu mengurangi jerawat yang diakibatkan ketidakseimbangan hormon. Dari hasil riset para ahli herbal, Sarsaparilla dapat menyembuhkan batuk, pilek, demam, gout. Sarsaparilla juga dipercaya dapat menguatkan otot dan memberi energi pada tubuh.

Di luar negeri, sarsaparilla sudah dikenal sejak lama. Tidak hanya sebagai minuman tetapi juga penyedap rasa makanan dan obat-obatan tradisional. Mengalami puncak popularitas pada pertengahan 1800-an. Minuman versi asli sarsaparilla terbuat dari akar-akaran smilax yang dikeringkan. Setelah itu sarsaparilla ditambah dengan air karbonasi sebagai penambah aromanya.