Laman

Wednesday, April 20, 2011

Kelebihan Perempuan Dari Laki-Laki

Di Indonesia, Ibu Kartini merupakan pelopor emansipasi perempuan. Ia pun membuktikan bahwa perempuan tidak hanya bisa melakukan pekerjaan rumah seperti memasak saja, tetapi banyak hal lain yang bisa dilakukan.

Isu tentang gender sepertinya masih beredar disekitar kita. Perbandingan antara laki-laki dan perempuan terus saja dibahas oleh banyak orang. Sebenarnya apakah perempuan bisa lebih unggul daripada lelaki atau sebaliknya?

Jawabannya adalah "bisa!" Tidak semua bidang dikuasai oleh laki-laki dengan baik, banyak bidang lain yang menjadi spesialisasi untuk perempuan. Berikut ini beberapa hal yang lebih diungguli oleh perempuan daripada laki-laki.

Spoiler for 1. Tulisan Tangan:


Perempuan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam urusan tulis menulis dibandingkan laki-laki. Hal ini terjadi sudah dari saat mereka kecil ketika mempelajari menulis huruf abjad. Serat-serat saraf yang mengontrol keterampilan motorik di otak laki-laki tidak sebaik yang perempuan miliki. Pada saat itu anak perempuan lebih baik mempelajari tulisan tangan ketimbang anak laki-laki.


Spoiler for 2. panjang umur:


Universitas Minnesota melakukan sebuah survey terhadap lebih dari 14 ribu orang yang mengungkapkan bahwa perempuan lebih menjaga kesehatannya dengan memakan makanan yang sehat dibandingkan laki-laki. Saat laki-laki memilih pizza dingin di kulkas, perempuan lebih memilih buah-buahan yang memiliki lebih banyak nilai nutrisi dan rendah kalori. Kebiasaan inilah yang membuat perempuan memiliki imun sistem yang lebih baik daripada laki-laki.

Menurut Universitas McGill, hormon estrogen pada perempuan membantu mereka melawan infeksi karena hormon estrogen membantu perempuan melawan enzim tertentu untuk menjadi pertahanan pertama terhadap bakteri dan virus.

Dua hal di atas membuat perempuan memiliki umur yang lebih panjang daripada laki-laki. Bahkan sekitar 85 persen orang yang berumur lebih dari seratus tahun adalah perempuan.


Spoiler for 3. Investor Pintar dan Manager yang Baik:

Sebuah studi mengambil seratus ribu portfolio dan hasilnya angka investasi perempuan lebih tinggi dari pada laki-laki. Selain itu, para penulis studi menyimpulkan angka tersebut disebabkan oleh kecenderungan perempuan yang lebih berhati-hati dalam berinvestasi dan berpikir untuk jangka panjang.

Beranjak dari investasi, perempuan menjadi sangat cocok untuk menjabat sebagai seorang manager. Hal ini tentunya bukan omong kosong belaka, contoh yang masih hangat bisa kita lihat di negeri ini. Menteri Keuangan, Sri Mulyani, baru saja ditawarkan menjadi Direktur Bank Dunia. Suatu kebanggan bagi bangsa ini dan tentunya bagi perempuan Indonesia.


Spoiler for 4. Perempuan berevolusi menjadi semakin cantik.:

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita berevolusi menjadi lebih cantik, sementara laki-laki begitu-begitu saja. Dalam penelitian terhadap lebih dari dua ribu orang selama empat dekade, disimpulkan bahwa perempuan berpenampilan menarik memiliki anak 16 persen lebih banyak daripada yang berpenampilan biasa-biasa saja. Lebih lanjut lagi, ternyata kemungkinan wanita-wanita cantik tersebut memiliki anak perempuan sebagai anak pertama lebih besar 36 persen dari yang lainnya.


Spoiler for 5. Perempuan lebih sering selamat dari kecelakaan mobil.:

Hal ini menyedihkan, namun begitulah kenyataannya. Berdasarkan penelitian oleh Universitas Carnegie Mellon, di Pittsburgh, Amerika Serikat, laki-laki 77 persen lebih berisiko meninggal dalam kecelakaan mobil dibanding perempuan. Seharusnya, para pria berterimakasih pada wanita yang cerewet menyuruhnya mengenakan sabuk pengaman.


Spoiler for 6. Wanita lebih sering lulus perguruan tinggi.:
Seperti kita ketahui, wanita lebih banyak terdaftar di perguruan tinggi dibandingkan laki-laki. Sebuah statistik mengungkapkan bahwa laki-laki yang lulus dan mendapatkan gelar sarjana juga ternyata lebih sedikit daripada wanita. Kebanyakan laki-laki ternyata membutuhkan waktu lebih lama dari lima tahun untuk menyelesaikan kuliah mereka


Spoiler for 7. Kekebalan tubuh wanita lebih kuat.:
Tak heran bila laki-laki bertingkah layaknya seorang bayi ketika mereka terserang flu. Kenyataannya, wanita memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibanding laki-laki. Ketika terjadi pertempuran dalam tubuh, wanita memiliki senjata rahasia yakni hormon estrogen. Penelitian dari McGill University, Kanada, menunjukkan bahwa estrogen dapat mengatasi enzim yang mengganggu pertahanan tubuh terhadap bakteri dan virus.