Laman

Wednesday, April 20, 2011

tidur siang tidak melebihi 30 menit

Banyak orang mengatakan tidur siang membuat Anda gemuk. Namun sampai sekarang peneliti belum menemukan hubungan obesitas dengan tidur siang.
Bahkan untuk dicatat: tidur siang tidak melebihi 30 menit. Setelah MD saran Kristie Leong, seorang dokter kesehatan keluarga dari Virginia dilaporkan oleh HealthMad.

Tidur terlalu lama, lebih dari 30 menit, bahkan membuat Anda mengantuk siang hari. Tanpa menggerakkan tubuh tidak dapat membakar kalori.

Leong mengatakan bahwa tidur siang dalam jangka waktu pendek (30 menit) sebenarnya memiliki banyak manfaat. Salah satunya menggantikan kurang tidur pada malam hari bagi mereka yang sering bekerja lembur, meskipun tentunya bukan sebagai kualitas tidur yang baik di malam hari.
Tidur siang tidak berarti waktu tidur meningkat, jumlah yang signifikan tidur secara keseluruhan dalam satu hari masih dalam batas kewajaran, yaitu 6-7 jam sehari untuk orang dewasa.

Tidur dalam waktu singkat juga membantu menjaga kadar hormon stres kortisol, sehingga pikiran akan lebih segar saat bangun. Dengan rendahnya tingkat stres benar-benar baik untuk mencegah kenaikan berat badan.

Tidur siang yang tepat akan membuat sistem pencernaan mendapat suplai darah yang cukup daripada saat aktif.

Tapi tidur siang tidak harus dilakukan segera setelah makan siang tapi tunggu 1-2 jam. Nap segera setelah makan malah jadi penyakit seperti gangguan pencernaan termasuk refluks asam lambung (asam lambung naik ke tenggorokan).

Selain itu, orang yang pekerjaannya memerlukan kewaspadaan tambahan tidak dianjurkan tidur siang tinggi setelah makan. Tidur siang dengan perut penuh sampai batas tertentu akan mengurangi tingkat kewaspadaan setelah Anda bangun.