Laman

Wednesday, February 15, 2012

Pengenalan Viral Marketing

Apa itu Viral?

Spoiler for Dikutip dari www.rahasia-online-bisnis.com:
Viral asal katanya dari virus, maksudnya cara kerjanya seperti virus. Sekali terinfeksi akan menyebar dan menyebar semakin luas. Dan bisa pula diartikan sebagai strategi marketing mulut ke mulut (Word of Mouth Marketing). Dalam konteks internet marketing, hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara/metode tergantung dari kreatifitas webmaster itu sendiri.


Pengertian Viral Marketing
Spoiler for Dikutip dari jbsxpo.com:
Viral marketing adalah tekhnik pemasaran dari “mulut ke mulut” atau kebih cendrung seperti sistem MLM. Misal anda mengkomunikasikan hal yang positif tentang sebuah produk jasa seo pada seseorang lalu orang tersebut mengkomunikasikannya lagi kepada yang lain dan kepada yang lainnya dan lainnya lagi hingga jumlah tak terhingga inilah yang disebut dengan viral marketing. Jujur saja saya mengenal facebook melalui viral marketing dari seseorang yang menginformasikan tentang facebook beberapa tahun silam. Akibat dari itu saya pun terpengaruh untuk melakukan sebuah tindakan yakni mengunjungi facebook.com dan melakukan registrasi hingga sekarang. Dahsyatnya facebook telah memiliki member yang jumlahnya anda tahu sendiri.


Fungsi Viral Marketing
Spoiler for Dikutip dari jbsxpo.com:

Spoiler for 1. Untuk meningkatkan Traffic:
Viral marketing tentu saja bisa meningkatkan traffic. Lihat kasus facebook dan tweeter saya rasa anda pun terpengaruh viral marketing bukan? Namun sebelum itu tentu saja anda harus membuat halaman website, content atau fitur memiliki keunikan tersendiri yang membuat pengunjung merasa penasaran dan ingin berkunjung.


Spoiler for 2. Untuk Meningkatkan Penjualan:
Naiknya jumlah traffic tentu bisa meningkatkan penjualan atau tergantung bagaimana anda memikat hati pengunjung. Facebook dan Tweeter adalah contohnya. Facebook merupakan website komunitas terbesar di dunia dan memiliki pasar sendiri didalamnya dimana setiap member bisa berjualan baik melalui fitur periklanan yang dibuat facebook maupun interaksi antar member.


Cara Mengkomunikasikan Viral Marketing
Spoiler for Dikutip dari jbsxpo.com:
Viral marketing seperti “virus” yang menjangkiti seseorang lalu menyebar ke orang lainnya. Seseorang baik melalui individu maupun secara kolektif akan menyebarkan “virus” itu kepada yang lainnya jika mereka menemukan apa yang mereka cari.

Menurut Google, Keyword yang paling populer di Indonesia adalah: 3GP, Download 3GP, 3GP video mesum dan lain sebainya. Jika sesorang menemukan referensi tentang 3GP, Download 3GP pasti orang tersebut akan mengkomunikasiakannya kepada yang lain dan lainnya dan lainnya.

Dari contoh 3GP diatas dapat anda kembangkan sesuai dengan bidang anda masing-masing. Gunakan Facebook, Tweeter untuk mengkomunikasikannya kedua situs tersebut adalah mediayang tepat untuk melakukan viral marketing.


Gambar Skema Viral Marketing
Spoiler for Dikutip dari google.com: