Laman

Tuesday, February 14, 2012

Nutrisi Terbaik untuk Turunkan Kolesterol Jahat




Jakarta, Kadar kolesterol tinggi dalam darah dapat menjadi faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Kebanyakan penyebab kolesterol tinggi adalah dari makanan, tapi beberapa makanan tertentu justru dapat menurunkannya. Apa saja?

Kolesterol adalah senyawa lemak yang ada dalam darah. Kolesterol yang berguna adalah High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik yang tidak mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses Aterosklerosis (terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah).

Kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) menyebabkan pengendapan di arteri yang bisa memicu penyakit jantung atau stroke. Satu lagi Trigliserida yang jika kadarnya ketinggian bisa memicu tingginya kolesterol.

Kebanyakan kolesterol bisa menimbulkan beragam penyakit saat kolesterol menjadi jahat. Seseorang memiliki kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 mg, sedangkan masuk kondisi berbahaya jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan stroke.

Berikut beberapa makanan terbaik yang bisa menurunkan kolesterol jahat, seperti dilansir timesofindia, Selasa (14/2/2012):

1. Gandum
Gandum dikenal sebagai makanan penurun kolesterol. Dua porsi gandum dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) sebesar 5,3 persen hanya dalam 6 minggu. Pada dasarnya gandum mengandung zat yang disebut beta-glucan yang dapat menyerap kolesterol jahat.

2. Ikan salmon
Ikan salmon banyak mengandung asam lemak omega-3 yang membantu menjaga kondisi jantung tetap baik dan menjauhkan risiko serangan jantung, kadar kolesterol tinggi, stroke dan meningkatkan kolesterol baik sebesar 4 persen.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah cara terbaik untuk mendapatkan lemak sehat yang diperlukan tubuh Anda tanpa merasa bersalah. Karena lemak yang berasal dari kacang yang alami dan tidak diproses secara kimiawi, dapat membuat jantung sehat, mengenyangkan dan pilihan bergizi.

4. Teh
Teh memiliki antioksidan dan kafein yang lebih rendah daripada kopi. Secangkir kopi mengandung sekitar 135 mg kafein, sedangkan teh hanya mengandung 30 sampai 40 mg per cangkir. Teh membantu dalam melindungi tulang karena kehadiran phytochemical di dalamnya. Ini juga merupakan pertahanan besar terhadap kadar kolesterol jahat LDL.

5. Bayam
Bayam mengandung 13 senyawa flavonoid yang menjauhkan dari risiko kanker, penyakit jantung dan osteoporosis.

6. Minyak zaitun
Minyak zaitun ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Minyak ini berisi asam lemak tak jenuh tunggal yang menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida, tanpa menurunkan kadar kolesterol baik.

7. Buah delima (pomegranate)
Buah delima adalah antioksidan super yang membantu menjaga tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas karena faktor metabolisme dan lingkungan. Menurut buku Cholesterol Cures, jus delima dapat memperlambat proses oksidasi kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein atau kolesterol jahat) sebanyak 40 persen, dengan demikian menurunkan penumpukan dalam darah dan arteri.

Buah delima juga kaya akan polifenol, yaitu flavonoid yang hadir sebagai pengecil kolesterol umum seperti yang terdapat pada teh hijau.