Laman

Monday, February 27, 2012

kehidupan ABG indo-eropa di Batavia th 30-an

Zaman dahulu kala ketika negara ini masih bernama Hindia-Belanda dan kehidupannya masih berkasta-kasta ada satu golongan masyarakat yang unik. mereka adalah golongan Indo-Eropa yang merupakan masyarakat berdarah campuran antara etnik eropa (Belanda, Jerman, Perancis, Belgia) dengan etnik lokal. Dalam Strata Sosial waktu itu mereka disamakan dengan orang eropa. Berikut ini diperlihatkan sekilas tentang kehidupan sehari-hari para muda-mudi Indo-eropa di batavia sekitar tahun 1930-an. selamat menikmati !
Spoiler for Indo-Eropa:


Lagi Jalan-jalan sama teman2


Spoiler for Indo-Eropa:


Mejeng di Depan Motor Harley Davidson


Spoiler for Indo-Eropa:







Main dengan adik-adik


Spoiler for Indo-Eropa:


Tidak lupa belajar musik


Spoiler for Indo-Eropa:







Bersepeda dengan teman2


Spoiler for Indo-Eropa:


keliling2 pake mobil papa


Spoiler for Indo-Eropa:















Spoiler for Keluarga Indo-Eropa:














Panas-panas enaknya main ke Pantai Cilincing


Spoiler for Indo-Eropa:


anak motor jaman dulu


Spoiler for Indo-Eropa:





























Keluarga Indo-Eropa
derajat kepekatan warna kulit orang indo-eropa koffie met melk ("kopi susu"), kwart over zes (pukul enam kurang seperempat), half zeven ("pukul setengah tujuh"), bijna zeven uur ("hampir pukul tujuh"), hingga zo zwart als mijn schoen ("segelap warna sepatuku") yang paling "kelam"[8].
Quote:
Orang atau kaum Indo (singkatan dari nama dalam bahasa Belanda, Indo-Europeaan, "Eropa-Hindia"[1]) adalah kelompok etnik yang ada (atau pernah ada) di Hindia-Belanda/Indonesia dan sekarang menjadi kelompok etnik minoritas terbesar di Belanda. Kelompok etnis ini dicirikan dari kesamaan asal-usul rasial, status legal, dan kultural. Kaum Indo merupakan keturunan campuran antara orang dari etnik tertentu di Eropa (terutama Belanda, tetapi juga Jerman, Belgia, dan Prancis/Huguenot) dengan ciri ras Kaukasoid dan orang dari etnik non-Eropa tertentu di Hindia-Belanda/Indonesia. Secara hukum, sebagian besar berstatus sebagai warga Eropa di Hindia-Belanda (Europeanen). Mereka menjunjung nilai-nilai budaya Eropa (terutama Belanda) dengan banyak pengaruh lokal Indonesia pada derajat tertentu dalam kehidupannya sehari-hari. Meskipun demikian, ke dalam kelompok etnik ini dimasukkan pula orang Eropa yang datang dan menetap cukup lama di tanah Indonesia atau yang lahir di Indonesia, karena di antara kalangan kaum keturunan campuran sendiri terdapat rentang fenotipe yang luas, sehingga faktor penampilan tidak bisa dijadikan satu-satunya pembatas untuk kelompok etnik ini. Kelompok berdarah campuran adalah mereka yang biasa dikenal sebagai orang Indo, Mesties (Bld.), atau Mestizos (Port.), sedangkan mereka yang "berdarah murni" Eropa dikenal sebagai totok (Mel.), blijvers (Bld.), atau kreol.
Perang Dunia Kedua dan sesudahnya menjadi titik awal diaspora bagi kaum Indo, sehingga saat ini keturunan mereka banyak dijumpai di Belanda, Indonesia, Amerika Serikat (AS), Australia, Selandia Baru, Kanada, serta beberapa negara lain. Di Belanda, kaum Indo sekarang dianggap sebagai kelompok minoritas terbesar (total sekitar 500.000 orang). Mereka dikenal dengan beberapa istilah, seperti Indisch Nederlander atau Indisch saja. Secara budaya mereka berhubungan dekat dengan kelompok etnik Maluku di Belanda. Di AS mereka dikenal sebagai Dutch Indonesian atau Indonesian Dutch dan kebanyakan bermukim di California. Di Indonesia sendiri jumlah mereka sedikit dan kebanyakan keturunannya terintegrasi/melebur dengan berbagai kelompok etnis lain walaupun kebiasaan berbahasa Belanda masih dijalankan di dalam keluarga.
Istilah "orang Indo" dalam penggunaan bahasa Indonesia masa kini mengalami pergeseran arti dan dipakai secara taksa (ambigu). Sebutan ini juga digunakan untuk menyebut semua orang Indonesia — sebagai kependekan dari "orang Indonesia" — sekaligus juga untuk menyebut peranakan campuran orang Indonesia dengan bangsa lain, tanpa melihat latar belakang asal-usul non-Indonesianya, yang tidak harus Eropa.
Quote:
Antara tahun 1945 dan 1965 diperkirakan terdapat 300.000 orang Belanda, Indo, ataupun orang Indonesia yang memilih pergi/kembali ke Belanda. Migrasi ini terjadi secara bergelombang. Banyak di antara mereka belum pernah ke Belanda sama sekali.
Paling tidak terjadi migrasi dalam lima tahap:
Tahap pertama, 1945-1950: setelah penyerahan Jepang, sekitar 100.000 orang tawanan dibebaskan Jepang dan dipulangkan ke Belanda, meskipun sejumlah orang memilih bertahan di Indonesia dan mengalami masa sulit selama Perang Kemerdekaan.
Tahap kedua, 1950-1957: Setelah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia, sejumlah tentara dan pegawai pemerintahan Belanda dipulangkan, setelah diminta memilih. Di antara mereka banyak orang-orang bekas KNIL: 4000 orang Maluku dan juga tentara Belanda asal Afrika. Jumlah total tidak diketahui. Proses ini menyulut terjadinya Pemberontakan Republik Maluku Selatan
Tahap ketiga, 1957-1958: Setelah "Nieuw-Guinea-kwestie", sekitar 20.000 orang dipulangkan dari Papua ke Belanda.
Tahap keempat, 1962: setelah Belanda diharuskan meninggalkan Papua dan Papua diserahkan kepada UNTEA, sekitar 14.000 personal Belanda dipulangkan. Pada masa UNTEA pula terjadi emigrasi sekitar 500 orang Papua ke Belanda.
Tahap kelima, 1957-1964: Setelah Indonesia memberlakukan undang-undang kewarganegaraan (UU 62/1958), yang memaksa orang-orang Eropa-Indonesia harus memilih kewarganegaraan. Jika ingin menetap mereka harus melalui proses naturalisasi dan jika ingin tetap sebagai orang Belanda (Europeens) mereka harus meninggalkan Indonesia. Pada masa ini juga banyak terjadi emigrasi dari orang-orang keturunan asing yang tidak ingin menjadi warga negara Indonesia.
Quote:
Tokoh-tokoh dari kalangan Indo cukup banyak jumlahnya, baik di Indonesia, Belanda, maupun Amerika Serikat.
[sunting] Indonesia
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar tokoh Eropa-Indonesia

* Ernest Douwes Dekker, pejuang pergerakan kemerdekaan Indonesia
* Henri MacLaine Pont, guru besar ITB pra-kemerdekaan, arsitek
* Thomas Karsten, arsitek
* Joop Ave, mantan menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi (1992-1997)
* Juwono Sudarsono, menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Bersatu (2004-2009)

[sunting] Belanda
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar tokoh keturunan atau kelahiran Indonesia#Belanda
[sunting] Negara lain

Berikut adalah beberapa tokoh asing selain dari Belanda yang memiliki keturunan Eropa-Indonesia.

* Michelle Branch, penyanyi
* Mark-Paul Gosselaar, aktor (Amerika Serikat)
* Eddie Van Halen, pemusik (AS)
* Alex van Halen, pemusik (AS)
* Xaviera Hollander, penulis, mantan wanita penghibur kelas atas, mucikari (AS)
* Marcus Schenkenberg, model (Swedia, AS)
* Petra Verkaik, model (AS) Add to zkyonsky's Reputation Report Post Report Post