Laman

Thursday, March 1, 2012

Sejarah Pemanfaatan Situation Room Oleh Presiden Amerika

Tahukah anda ada sebuah ruangan di dalam Gedung Putih yang disebut Situation Room? Keberadaan Situation Room banyak disinggung-singgung di berbagai film Hollywood, namun acara "nonton bareng" penangkapan Osama yang dilakukan Obama dan staf Gedung Putih menjadikan ruang ini kembali diperbicangkan orang ramai, sebenarnya bagaimanakah sejarah situation Room itu?
Quote:
Quote:

Code:
Yoichi Okamoto / LBJ Library
President Lyndon B. Johnson, Walt Rostow dan lainnya melihat peta medan Khe Sanh area, Vietnam, 15 Februari 1968. Pendahulu presiden LBJ, President John F. Kennedy Situation room sebagai kamar informasi sekitar Mei 1961 setelah frustasi akibat kegagalan invasi teluk Babi.
Quote:
Quote:

Code:
Courtesy: Jimmy Carter Library
Presiden Jimmy Carter berpartisipasi di National Security Council Special Coordination Committee 3 Februari 1977.
Quote:
Quote:

Code:
Pete Souza / White House / Time Life Pictures / Getty Images
Presiden Ronald Reagan bertemu dengan Vice Chairman of the Joint Chiefs of Staff, General Robert T. Herres (atas kanan) dan Sekretaris Pertahanan Caspar Weinberger mendiskusikan kondisi US missile frigate Stark 1 Mei 1987.
Quote:
Quote:

Code:
Sharon Farmer / AFP / Getty Images
Presiden Bill Clinton melakukan telekonferensi dengan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela di ruang situasi 22 February 2000. Clinton menawarkan melanjutkan bantuan Amerika untuk bantuan perdamaian kepada Burundi.
Quote:
Quote:

Code:
Eric Draper / White House / Reuters
Presiden George W. Bush berbicara dengan Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki melalui videoconference dari Situation Room di Gedung Putih, 4 January 2007.
Quote:
Quote:

Code:
Yuri Gripas / Reuters
Telepon kabin kedap suara dan aman, dikenal dengan nama "Superman tube" terlihat di White House Situation Room compleks di ruang bawah tanah the West Wing of the White House, 18 Mei 2007. Kompleks tersebut lalu di renovasi tahun 2007, baik luasnya maupun teknologinya terus diperbaiki
Quote:
Quote:

Code:
Brooks Kraft / Corbis
Presiden dan staff senior menggunakan ruangan tangga 18 Mei 2007, untuk pertemuan rutin dengan National Security Council dan berbicara dengan saluran videoconference aman. Selama keadaan darurat, Situation room berubah menjadi pusat management krisis.
Quote:
Quote:

Code:
Pete Souza / White House
Presiden Barack Obama berbicara dengan anggota national security team untuk mendiskusikan masalah penyergapan Osama bin Laden, di Situation Room of the White House, 1 Mei 2011.