Laman

Saturday, December 17, 2011

atasi STROKE, jgn sampe lewatin GOLDEN PERIOD

Dr. Antonius Adinatha, Sps, dari Siloam Hospital Kebon Jeruk mengatakan,
"Golden period artinya kalau pembuluh darah tersumbat dan bagian otak tidak mendapatkan aliran darah, maka ia akan rusak. Makin lama penymbatannya makin rusaklah pembuluhdarah itu. Selama dalam rentang waktu 4.5 jam dilakukan pengobatan maka masih bisa pulih, lewat dari waktu itu bisa dikatakan jaringan otak sudah mati dan tidak bisa pulih lagi." katanya.
dikutip dari Media Kawasan March 2011 hal 38



Pengalaman saudara ane 1 tahun lalu:
Paman ane (umur 50an, hoby main catur) suatu waktu merasa sulit bicara, istrinya bingung dengan hal itu sehingga menyuruhnya utk ajak ke rumah sakit, namun paman ane menolak entah karena merasa tidak perlu atau supaya tidak menambah pengeluaran (secara paman ane bukan org kaya), setelah beberapa jam tidak ada perbaikan baru beliau mau diajak ke rumah sakit.
Sewaktu dirumah sakit dokter mengatakan bahwa paman ane terkena stroke, lalu setelah ditangani, stroke nya sudah lewat, namun paman ane sudah tidak bisa bicara dengan lancar lagi bahkan setelah minum obat2 hingga berbulan2...

pamanku juga pernah coba bermain catur, namun ia menjadi emosi dengan mengucapkan kata2 yg tidak jelas kepada lawannya, ternyata stroke itu mengganggu intelejensianya juga. pamanku stress..



Pengalaman ayah saya 5 tahun lalu :
Ayah saya pernah kena gejala stroke (mulut miring dan susah bicara) tetapi kebetulan langsung cepat dibawa ke rumah sakit, sehingga sembuh total. Waktu itu kami tidak mengetahui sistem golden period ini, cuma kebetulan saja ayah saya cepat ditangani...

pengalaman ane, rata rata orang tua (tdk terkecuali ank muda) yang tiba2 lemas atau tiba2 pingsan sudah seharus nya di bawa ke rumah sakit secepat mungkin, takut nya stroke (bener jika saat stroke, ada jangka waktu nya) bila tidak cepat cepat di beri pengobatan, maka dalam jangka waktu beberapa jam, penyumbatan di otak bisa berhenti total & mengakibatkan sebagian tubuh, sebelah kiri / maupun kanan, lumpuh sebelah bagian tubuh tidak bisa di gerakan. dari otak, mulut, tangan, kaki, dll

untuk perlu kesigapan dari orang orang di sekitar bila ada yang terkena stroke, tiba2 lemas tdk bisa jalan / maupun pingsan, (ini sudah pasti bukan sakit biasa)
segera lah bawa ke rumah sakit
.

plus tambahan,
stroke ada 2 = stroke ke otak
& stroke ke jantung (serangan jantung) amit amit ini mah, bisa meninggal


solusi untuk mencegah terjadi nya stroke di usai tua (tdk terkecuali anak muda)

1. Jangan Merokok, sudah jelas ada tulisan "dapat terkena serangan jantung(stroke)" asap rokok yang di hisap, berubah menjadi minyak saat masuk tubuh, minyak tersebut mengalir ke pembuluh darah & menyebabkan penyumbatan di otak & amit amit di jantung.

2. Kurangi makanan yang mengandung minyak = makanan yang di goreng goreng, minyak kolesterol menyebabkan hal yang sama seperti merokok di point 1, menyebabkan penyumbatan

3. Jauhi kebiasaan marah marah = prilaku emosi tinggi, tidak toleran terhadap orang lain, kenapa ? karena prilaku marah marah, menyebabkan pembuluh darah mengalir lebih cepat, ke jantung & ke otak, hasil nya sama menyebabkan penyumbatan.

argh....
seandainya saja semua orang mengetahui informasi sederhana tentang golden period ini...
pasti paman saya tidak sulit bicara selamanya..