Laman

Saturday, July 30, 2011

Menggunakan Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Wortel, tanaman sayur yang punya nama latin Dacus carota ini, tidak asing di dapur rumah kita. Wortel yang biasa kita makan ini ternyata punya khasiat yg lumayan oke. Wortel memang enak, tapi jgn dipandang wortel hanya cocok dibuat sayur saja. Karena faktanya, wortel punya banyak manfaat yg gak sedikit buat kesehatan tubuh. Wortel yang tinggi beta-karoten dapat membantu menyembuhkan kulit dan membantu dalam pembentukan kulit. Wortel juga membantu mencegah dan mengobati jerawat ketika diambil langsung atau diterapkan di kulit. Juga baik untuk meningkatkan penglihatan dan baik untuk wanita hamil.Jus Wortel juga baik untuk kencing manis. Wortel juga bertindak sebagai racun yang hebat.
Quote:

1. Jerawat dan bekas jerawat



Quote:
Minum jus wortel setiap hari dapat mencegah jerawat. The beta-karoten membantu dalam penyembuhan jaringan terluka dan mempromosikan pertumbuhan flushes skin. Wortel juga membantu keluar racun dari tubuh dan membersihkan hati sebagai jus wortel .Applying dengan batu sedikit garam pada bekas jerawat dapat mengurangi mereka visibly.Itu juga baik untuk rambut dan kuku karena banyak anti-oksidan yang ada di dalamnya.
Quote:

2. Penglihatan



Quote:
Dengan tinggi beta-karoten dalam wortel, mereka membantu dalam melindungi dan meningkatkan kejernihan mata. Karoten juga baik untuk kesehatan mata. Membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. Kekurangan vitamin A atau yang dikenal dalam istilah kedokteran sebagai Avitaminosis A dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja.

Quote:

3. Mencegah Penyakit Mematikan



Quote:
Penelitian menunjukkan bahwa wortel juga membantu melawan sel-sel kanker dan mencegah penyakit jantung. mengkonsumsi wortel sedikitnya lima kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko terkena stroke hingga 68 persen bila dibandingkan yang makan wortel satu kali dalam sebulan.

Khasiat antistroke tersebut juga ditimbulkan karena aktivitas beta karoten yang mencegah terjadinya plak atau timbunan kolesterol dalam pembuluh darah. Beta karoten merupakan pigmen paling aktif apabila dibandingkan dengan alpha dan gamma karoten. Biasanya beta karoten lebih dikenal sebagai provitamin A yang akan menjadi vitamin A pada dinding usus halus.

Tak ada seorangpun yang mau terkena stroke, dan tak seorangpun yang ingin mati muda. Mencegah lebih baik daripada mengobati, belajar pada alam, karena dari alam kita banyak menemukan manfaat. Wortel yang kita kenal sebagai sayuran, ternyata bisa menjauhkan kita dari kematian.

Quote:

4. Membantu menetralkan asam dalam darah



Quote:
Mengkonsumsi wortel dapat membantu menetralkan asam dalam darah dan menghilangkan toksin dalam tubuh Adanya kandungan kalium dalam wortel. Wortel mentah atau dimasak merupakan sumber kalium dan vitamin C. Mendapatkan dan mengonsumsi wortel sangatlah mudah, dapat dicampur berbagai variasi makanan, minuman jus ataupun suplemen
Quote:

5. Mendetoksifikasi


Quote:
Wortel detoksifikasi hati, otot, jaringan dan hadir kidneys. racun dalam tubuh menghasilkan banyak kerugian. Wortel membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan mencegah semua penyakit.Setelah seperti itu semua, pencegahan adalah lebih baik daripada mengobati.
Quote:


Berikut adalah sederet Pemanfaatan wortel yang perlu Anda ketahui.
Mudah-mudahan dengan mengetahui manfaat-manfaat ini Anda dan keluarga bisa lebih menyukai wortel:


Quote:
Mengatasi hipertensi:
Ambil 500 gr wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.

Mengatasi demam pada anak:
Ambil 200 gr wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.

Mengatasi luka bakar:
Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.

Menyembuhkan batuk:
Ambil sebatang wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari.

Mengatasi nyeri haid:
250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu lender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

Mengatasi sembelit:
Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.

Menghaluskan wajah:
Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Bilas.

Quote:
Subhahanallah, banyak kan khasiat wortel?
Jadi tunggu apa lagi? makan wortel, yuk!