Laman

Tuesday, July 26, 2011

Asal-Usul dan Manfaat Debu

Debu ialah nama umum untuk sejumlah partikel padat kecil dengan diameter kurang dari 500 mikrometer.
Di atmosfer Bumi, debu berasal dari sejumlah sumber:
-loess yang disebarkan melalui angin
-letusan gunung berapi
-pencemaran, dll.


Quote:
Debu di dalam rumah adalah campuran benda yang menjijikkan, termasuk sel kulit mati, minyak, partikel udara kecil dan bahkan bahan beracun, seperti timah dan arsenik, yang mungkin berasal dari tempat sampah yang tercemar.
Debu udara dianggap aerosol dan bisa memiliki tenaga radiasi lokal yang kuat di atmosfer dan berpengaruh pada iklim. Di samping itu, jika sejumlah partikel kecil disebarkan ke udara di daerah tertentu (seperti tepung terigu), dalam keadaan tertentu ini bisa menimbulkan bahaya ledakan.

Quote:
Pengaruh Terhadap Kesehatan

Quote:
Debu bertanggung jawab menyebabkan penyakit paru seperti pneumokoniosis, penyakit Asthma dan Flu.
Spoiler for asthma:

Spoiler for flu:
Quote:
Manfaat Debu

Quote:
Debu memang dapat mengotori lingkungan, namun keberadaannya di bumi sangatlah penting. hal itu dapat kita ketahui saat uap air di udara mencapai kejenuhan, air memerlukan debu dalam udara untuk bergabung membentuk air hujan yang jatuh ke permukaan bumi.
***
Jika tidak ada debu, di dunia ini tidak akan mungkin turun hujan atau pun salju.
selain itu debu yang ada dalam udara juga dapat membantu menghalangi sinar matahari langsung sehingga mahluk hidup di bumi tidak akan kekeringan akibat sinar matahari yang terlalukuat. dari sini tampak jelas betapa pentingnya debu.
Quote:
Pengendalian Debu

Quote:
Walaupun sudah sering dibersihkan, Debu akan terus datang kembali melalui udara yang masuk ke rumah kita, oleh karenanya kita jangan bosan membersihkan rumah kita dari debu.
Sebagai TS yang baik, ane mengajak semua kaskuser untuk bersih-bersih mulai dari hal yang kecil, misalnya tempat agan ngaskus.
Quote: