Laman

Friday, April 29, 2011

Semuanya Tentang Teh Hijau

Teh Hijau

Teh hijau. Minuman yang enak dinikmati di kala senggang. TS sendiri sangat gemar meminum teh hijau, oleh karena itu, TS ingin membagikan informasi mengenai teh hijau yang sangat saya gemari.



Definisi Umum Teh Hijau

Teh hijau adalah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh (Camellia Sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut.

Camellia Sinensis

Spoiler for Gambar Camellia Sinensis:


Spoiler for Asal-Usul Camellia Sinensis:
Nama Sinensis dalam bahasa Latin berarti China. Sedangkan Camellia diambil dari nama Latin Pendeta Georg Kamel, S.J (1661 - 1706), seorang pendeta kelahiran daerah Ceko yang menjadi seorang pakar botani (tumbuh-tumbuhan) dan misionaris. Meskipun Kamel tidak menemukan maupun menamai tumbuhan ini, Carolus Linnaeus, pencipta sistem taksonomi yang masih dipakai hingga sekarang, memilih namanya sebagai penghargaan atas kontribusi Kamel terhadap ilmu pengetahuan. Nama lama untuk tumbuhan teh ini termasuk Thea Bohea, Thea Sinensis, dan Thea Viridis.


Kepopuleran Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman populer di benua Asia seperti : [ Republik Rakyat China, Jepang, Korea Utara dan Selatan, Malaysia, Indonesia ] dan semakin dikenal juga di benua Eropa yang dulunya merupakan peminum teh hitam seperti [ Austria, Denmark, Inggris, dan Perancis ].

Manfaat Teh Hijau

Spoiler for 27 Manfaat Teh Hijau Berdasarkan Penelitian:

1. Dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi
2. Mencegah timbulnya kadar gula darah yang tinggi
3. Menurunkan kadar kolesterol
4. Menurunkan resiko terkena berbagai penyakit hati
5. Menurunkan resiko terkena stroke
6. Membantu tubuh dalam melawan virus (seperti virus influenza)
7. Dapat menghambat penurunan fungsi syaraf
8. Memperbaiki fungsi kognitif
9. Bermanfaat bagi kesehatan gusi
10. Mencegah sesak nafas
11. Mengurangi stress
12. Menghilangkan kelelahan dan keletihan
13. Mampu mencegah timbulnya penyakit kanker
14. Mampu mengendalikan pertumbuhan tumor
15. Membantu penyembuhan penyakit kanker
16. Membantu menurunkan berat badan
17. Mengurangi resiko timbulnya radang sendi dan reumatik
18. Berfungsi sebagai anti radang tenggorokan
19. Mencegah osteoforosis
20. Mencegah timbulnya alergi
21. Melindungi lever
22. Mencegah hepatitis
23. Membantu menghalangi penyebaran virus HIV
24. Mengurangi bahaya merokok
25. Memperlambat penuaan
26. Baik dikonsumsi untuk penderita diabetes
27. Mampu mencegah keracunan makanan

Tata Cara Menyeduh dan Meminum Teh Hijau
Spoiler for Cara Yang Baik:

1. Seduh teh hijau dengan air panas, bukan air mendidih

Air mendidih akan membuat zat antioksidan di dalam teh menjadi rusak, seperti halnya saat menyeduh susu. Ada baiknya air mendidih dibiarkan barang sejenak sebelum digunakan untuk menyeduh teh. Suhu terbaik untuk menyeduh teh adalah 60-70 derajat celcius, memang mungkin warna teh hijau tak akan sepekat biasanya. Namun justru antioksidan teh hijau akan lebih efektif bagi tubuh.

2. Teko penyeduh

Teh hijau juga sebaiknya tidak diseduh di sembarang tempat. Adakalanya zat kimia yang terkandung pada gelas/tempat untuk menyeduh teh ikut terlarut bersama teh. Untuk itu disarankan agar Anda menggunakan teko tanah liat, gelas/cangkir porselen, gelas kaca, cangkir perak atau stainless steel.

3. Jangan menambahkan krim atau gula

Menambahkan gula atau krim ke dalam teh hijau adalah kebiasaan buruk yang perlu kita hilangkan. Teh hijau berfungsi mengurangi kalori, namun krim dan gula yang ditambahkan justru membawa serta kalori. Lantas apa gunanya minum teh hijau jika Anda malah menambah kalori di dalam tubuh? Jadi, jangan gunakan gula dan krim dari teh hijau anda.

4. Biarkan teh hijau sekitar 5 menit.

Setelah menyeduh teh hijau, jangan langsung meminumnya. Biarkan katekin yang ada di dalam teh hijau keluar dari daunnya, untuk itu biarkan selama 5 menit, barulah teh hijau bisa dinikmati.