Laman

Friday, April 29, 2011

Ocean Sunfish, Ikan Besar Berbentuk Unik

Ocean Sunfish, Ikan yang besar dan berbentuk unik ini mungkin sudah sering agan liat di tivi (dulu pas ada acara geoghrapic channel ane sering nonton tuh pas kecil), atau di majalah.



Oh iya, Ikan ini juga dikenal sebagai Ikan Matahari gan di Indonesia, ada juga yang manggil dengan ikan mola2

Ikan ini hidup di semua laut subtropis dan tropis di seluruh dunia, bentuk tubuh ikan ini bisa berbeda tergantung tempat di mana dia hidup gan. Biasanya ikan ini hidup di kedalaman lebih dari 200m. Terkadang juga muncul di permukaan.

Ikan ini bila ada di aquarium (kayak di seaworld) rata2 bisa hidup 10 tahun, tapi kalau yang hidup di luar sana belum bisa ditentukan. Ikan ini biasanya makan hewan2 seperti cumi2, zooplankton, dan ikan kecil.

Saat menetas dari telur, ikan mola2 akan berbentuk larva dengan duri2 di sekitar tubuhnya gan



Seiring dengan perkembangan tubuhnya duri2 itu akan hilang dan mulai membentuk sirip seperti gambar yang di atas tadi gan.

Oh iya gan, menurut sebuah penelitian di Jepang. Ikan Mola2 ini tidak pernah sakit lho, kenapa? Karena ikan ini ternyata dapat memproduksi antibiotik sendiri, dan antibiotik itu menyebar gan ke daerah di sekitar tubuh si ikan mola2. Setelah dilakukan percobaan, ikan yang kurang sehat ditaruh bersama ikan mola2 ini bisa sembuh gan! Wow!!

Karena itulah ikan ini juga memiliki nama lain yaitu "Dokter Laut"