Laman

Friday, July 6, 2012

Mulai Dari Sekarang Biasakan Mandi Air Dingin

Beberapa diantara Kita pasti masih sering menggunakan air hangat untuk mandi di pagi dan sore hari. Udara yang dingin tentu saja menjadi pendukung agar kita mandi air hangat. Mulai sekarang cobalah untuk tida membiasakan diri menggunakan air panas atau hangat ketika mandi, sebaliknya cobalah untuk mandi dengan menggunakan air dingin.

Quote:
Ternyata air dingin mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan di bandingkan jika anda menggunakan air yang bersuhu tinggi untuk mandi. Mandi dengan air dapat membantu meningkatkan metabolisme, mencegah cedera otot pasca latihan dan mengatur kadar asam urat dalam tubuh Anda. Mandi air dingin juga dapat mendinginkan pikiran Anda setelah seharian bekerja keras. Berikut manfaat lain dari mandi air dingin menurut Healthmeup:

Quote:
Spoiler for Manfaat 1:
1. Kesuburan Pria
Tidak banyak orang yang tahu akan fakta ini, bahwa pada kenyataan air panas sangat tidak baik bagi testis yaitu dapat menurunkan jumlah sperma. Untuk itu bagi Anda kaum pria, khususnya yang sedang menginginkan anak, cobalah untuk menghindari mandi dengan air panas.
Quote:
Spoiler for Manfaat 2:
2. Meningkatkan Sirkulasi Darah
untuk menghilangkan racun ketika air dingin mengalir ke kulit, pembuluh darah yang berada di bawah permukaan kulit akan mengkerut. Hal ini tentu saja akan mengurangi sirkulasi darah, namun pada saat yang sama mekanisme tekanan darah secara otomatis akan menghancurkan dan menargetkan jaringan. Hal inilah yang menyebabkan darah bersikulasi dengan dorongan lebih besar, sehingga aliran darah menjadi lebih kuat dalam meningkatkan sirkulasi.
Quote:
Spoiler for Manfaat 3:
3. Membangun Kekebalan
Spoiler for Manfaat 3:

Jika Anda berniat untuk meningkatkan sel darah putih, pastikan Anda selalu mandi dengan air dingin. Air dingin dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang pada akhirnya juga akan meningkatkan suhu tubuh. Oleah karena itu, mandi dengan air dingin dapat menyegarkan sistem kekebalan tubuh serta melepaskan sel darah putih.
Quote:
Spoiler for Manfaat 4:
4. Meningkatkan Metabolisme
Spoiler for Manfaat 4:

Alasan air dingin dapat meningkatkan metabolisme adalah karena ketika air dingin mengalir ditubuh Anda, maka secara otomatis tubuh akan membakar lemak serta karbohidrat yang pada akhirnya meningkatkan suhu tubuh menjadi lebih tinggi.
Quote:
Spoiler for Manfaat 5:
5. Mencegah Cedera Saat Olahraga
Spoiler for Manfaat 5:

Saat Anda melakukan aktifitas fisik, otot-otot akan meradang, dan tentu saja Anda membutuhkan waktu untuk merilekskan kembali otot-otot tersebut. Jika Anda mendapati otot-otot Anda meradang sehabis olah raga, disarankan untuk Anda segera mandi dengan air dingin. Hal ini berguna untuk mencegah serat otot pecah karena aktivitas fisik yang berlebihan.
Quote:
Spoiler for Manfaat 6:
6. Manfaat Tambahan
Spoiler for Manfaat 6:

Mandi dengan air dingin dapat juga mengurangi terjadinya nyeri yang kronis, seperti nyeri tubuh, serta dapat meningkatkan kesehatan rambut Anda, meningkatkan fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan kulit edema, serta dapa menyembuhkan dan mengatur sistem saraf otonomik.
Quote:
Spoiler for Manfaat 7:
7. Air Dingin dan Irama Tubuh
Spoiler for Manfaat 7:

Jika Anda merasa lelah, mandilah dengan air dingin untuk membantu mengatasi kelelahan. Tidak bisa tidur? jawaban yang tepat untuk mengatasinya juga dengan mandi air dingin.