Rupa Transportasi Jakarta:
1. Helicak
Siapa masih inget helicak, alias helikopter becak? Dinamai begitu karena
bentuknya dianggap mirip dengan heli dan becak. Kendaraan ini
dipopulerkan Ali Sadikin tahun 1971 dan hanya bertahan selama beberapa
tahun. Lihat betapa sepinya Jalan Thamrin ketika itu.
Spoiler for Helicak:
2. Oplet
1979-Oplet sejatinya adalah mobil sedan merk Morris yand dimodifikasi, kadang dengan mobil Austin. Tahun 1980-an trayek oplet dihapus dan diganti dengan Mikrolet dan Metromini.
Spoiler for Oplet:
Spoiler for Oplet di Terminal Cililitan tempo dulu:
3. Bemo
1989-Sebenarnya bemo sudah mulai dihapus tahun 1971, tapi hingga sekarang masih bisa ditemukan di beberapa tempat yang tak dijangkau bis kota. Bemo artinya becak motor yang hadir bersamaan dengan Ganefo tahun 1962.
Spoiler for Bemo:
4. Bis Kota pengganti Tram Jaman Belanda
1981-Penumpang di terminal Lapangan Banteng yang kini sudah diubah menjadi taman. Sejarah angkutan umum Jakarta berawal dari tram dan bis yang dikelola Belanda. Sayang, tram bermesin uap dihapuskan oleh Presiden Soekarno tahun 1960.
Spoiler for Bis Kota:
5. Becak
1990-Becak masih bebas mangkal di Bundaran Hotel Indonesia. Jumlah tertinggi becak sepanjang sejarah ada pada tahun 1966 yakni 160 ribu.
Spoiler for Becak:
Spoiler for Becak Angkutan:
6. Bus Tingkat
1996-Bus tingkat masih dapat ditemui di jalan utama kota Jakarta. Pengelolanya adalah Pengangkutan Penumpang Djakarta alias PPD. PPD dibentuk dari Maskapai Lintas Kota Batavia yang dinasionalisasi tahun 1954.
Spoiler for Bus Tingkat: