Laman

Thursday, September 22, 2011

mengenal lebih dekat alat Teleprompter

alat Teleprompter
==========================================



==========================================




Spoiler for pengertian:
Pengial baca atau yang disebut juga teleprompter adalah alat bantu baca khususnya bagi seseorang yang ingin berbicara di depan umum. Dengan alat ini, orang tersebut akan terlihat seperti berbicara lisan tanpa menggunakan teks. Awalnya alat ini digunakan oleh penyiar berita televisi agar dalam menyampaikan berita kepada penonton televisi terlihat seperti berbicara tanpa membaca. Oleh karena itu, tulisan yang ditampilkan dalam teleprompter disusun menyerupai bahasa lisan, sehingga para penonton tidak merasa terganggu dengan aktivitas penyiar yang harus menundukkan kepalanya untuk membalikkan teks berita yang bersangkutan.

Quote:
Kata TelePrompTer dengan huruf kapital berasal dari nama dagang sebuah perusahaan teleprompter yang pertama kali mengembangkan peralatan elektronik tersebut di tahun 1950an.
Kata teleprompter tanpa huruf kapital dijadikan nama merk dagang umum karena diproduksi oleh banyak perusahaan di berbagai tempat.
Kata teleprompter yang juga disingkat dengan sebutan prompter atau prompteur, selain dipakai di Amerika Serikat, juga dipakai di Prancis dan Jerman.


Beberapa istilah atau nama lain dari teleprompter :



# Electronic Speech Notes
# Cueing Device
# Idiot Board (slang)
# Autocue

Quote:


Quote:


Sejarah alat Teleprompter

Teleprompter pertama hanyalah berupa alat-alat mekanis yang terletak di dekat kamera. Naskahnya masih dicetak dalam bentuk kertas gulungan. Perusahaan TelePrompTer ditemukan oleh Fred Barton, Jr, Hubert J. (Hub) Schlafly, dan Irving Berlin Kahn pada tahun 1950.


Sampai akhir tahun 1992, sebuah acara televisi yang bernama The Tonight Show Starring Johnny Carson masih menggunakan teleprompter edisi awal. Pada akhir tahun 1990-an dan di awal tahun 2000an, Autoscript (perusahaan teleprompter yang berbasis di Inggris) mempelopori penggunaan TFT-LCD monitor dari yang sebelumnya memakai monitor tradisional (CRTs). Adanya peningkatan teknologi tersebut memungkinkan terjadinya pengurangan berat kamera secara signifikan. Sehingga, kamera yang di dalamnya terintegrasi dengan teleprompter semakin mudah dibawa kemana-mana. Kemudian, mereka juga memperkenalkan monitor yang mempunyai tingkat kecerahan tinggi yang mampu menampilkan teks secara jelas meskipun berada di bawah terpaan sinar matahari langsung.

Pada tahun 2005, Autoscript bersama dengan mitra kerjanya Sysmedia, melakukan terobosan baru dengan memperkenalkan Voice Activated Prompting. Sesuai dengan namanya, cara kerja alat ini disesuaikan dengan suara pembicara. Jadi, semakin cepat pembicara membaca teks yang tersaji, semakin cepat pula teks tersebut berjalan atau berganti, dan sebaliknya. Penemuan ini sekaligus menjadi tanda berakhirnya era teleprompter manual.

Quote:

alat Teleprompter pada tahun 2000

Quote:

Desain Modern
Perkembangan teknologi dari masa ke masa turut mengubah bentuk dan kegunaan serta fitur-fitur yang ada dalam teleprompter. Contoh nyatanya adalah pemasangan teks berjalan disudut-sudut gedung untuk kepentingan periklanan. Contoh lainnya adalah jenis teleprompter baru yang dinamakan Interrotron. Selain itu, perubahan ini juga dapat dilihat jelas dari pemakaiannya dalam televisi, pidato , dan konser musik.
Spoiler for apakah itu Interrotron:
Interrotron adalah sebuah teleprompter modern yang diciptakan oleh Errol Morris,Teleprompter jenis ini digunakan Errol ketika ia mewawancarai seseorang. Adanya perangkat ini memungkinkan pewawancara dan narasumber yang diwawancarai dapat bercakap-cakap sambil melihat langsung ke lensa kamera.

Quote:

Interrotron

teleprompter modern yang dipakai dalam program berita
kegunaan teleprompter modern yang dipakai dalam program berita, terdiri dari komputer pribadi yang terhubung dengan monitor video disetiap kamera. Selain itu, terdapat sebuah perangkat periferal yang terpasang kedalam port serial. Perangkat ini memiliki tombol yang dapat mengubah, mempercepat, memperlambat, ataupun membalikkan teks yang tersaji. Teks biasanya ditampilkan dengan menggunakan huruf putih dengan latar belakang layar berwarna gelap. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pembicara dalam membaca teks.
Quote:

dalam menyiarkan berita

Quote:


alat teleprompter untuk berpidato/konser
dalam perkembangannya, teleprompter juga dijadikan sebagai alat bantu berpidato. Teleprompter jenis ini lazim disebut sebagai conference teleprompter system.

Kaca yang digunakan dalam perangkat ini menggunakan lapisan transparan agar tidak mengahalangi pandangan pembicara oleh penonton atau kamera ketika membaca teks pidatonya. Biasanya, teleprompter jenis ini menggunakan dua jenis kaca transparan yang diletakkan di sisi kiri dan kanan pembicara. Kaca-kaca tersebut berfungsi sebagai reflektor dari naskah pidato yang ditayangkan dari layar komputer. Dengan demikian, pembicara dapat berpidato sembari melihat ke arah penonton yang berada di sisi kiri dan kanannya.

dan untuk konser Konser

Teleprompter seringkali digunakan dalam berbagai konser musik. Ini dimaksudkan untuk memudahkan penyanyi dalam menghafal teks lagu yang dinyanyikannya. Biasanya teleprompter diletakkan dilantai panggung atau di samping kamera televisi.
Quote:
presiden susilo bambang yudhoyono pun menggunakan teleprompter ini dalam pidato kenegaraan saat kemerdekaan ri ke-64 di rapat paripurna dpr. Selain bentuknya sudah lebih canggih (tak sekadar dua lempeng kaca transparan), alat ini bisa berupa running text yang dipasang pada beberapa tempat disudut-sudut gedung sesuai kebutuhan.
Spoiler for alat Teleprompter:

Spoiler for cara kerja:

Spoiler for macam kegunaan alat teleprompter:


OBAMA JUGA PAKE GAN

Spoiler for pidato:
kerennnn gan pak beye lancar bicara dan lugas pake gitu ane juga baru tahu gan

Spoiler for pidato:

Spoiler for pidato: