Laman

Tuesday, August 9, 2011

Kompetisi? Udah Ngga Jaman!

Karena sistem pendidikan kita (selalu saya protes) yang selalu mengajarkan kita untuk berkompetisi, dengan adanya ranking / peringkat di kelas, sejak kelas 1 SD... masyarakat kita terbiasa dengan berkompetisi. "Loh, koq Billy ngga setuju?", mungkin pertanyaan yang terlintas di pikiran Agan sekarang...

Saya sering bilang bahwa menjadi yang terbaik diantara yang lain itu NGGA PENTING. Yang penting adalah untuk menjadi yang terbaik dari apa yang Agan bisa lakukan. Kalau minjem bahasanya Coach @ReneCC, "Be the Ultimate-U".

Jadi, sebenarnya di kelas itu ngga perlu ada ranking. Taukah Agan bahwa di International Schools, ranking di kelas itu ngga ada? Karena apa? Ya karena itu tadi, mereka percaya bahwa yang penting bukan untuk berusaha menjadi yang terbaik, tapi untuk berusaha semaksimal mungkin, menjadi yang terbaik dari yang Agan mampu lakukan (try your best).

Bukannya saya bilang kompetisi itu ngga penting ya. Kalau digunakan untuk sebagai tolak ukur, ngga apa-apa. Apalagi kalau bisa dijadikan motivasi diri untuk mencoba lebih baik lagi, berusaha lebih keras lagi.

Nah,... tapi kalau di sini saya bilang kompetisi ngga penting, lalu apa yang penting? KOLABORASI! Di dunia nyata, kita semua sudah sering dengar bahwa team work itu penting, karena dengan team work, kita akan mampu menyelesaikan tugas-tugas yang berat, yang tadinya mungkin 'mustahil' untuk bisa diselesaikan seorang diri.

Sama halnya dengan kolaborasi! Daripada berkompetisi, kenapa ngga berkolaborasi? Di dalam membuat perusahaan pun, daripada saya berusaha sendirian, dan berhadapan dengan orang lain yang ingin terjun di dunia yang sama dan berkompetisi, berusaha untuk menjadi yang terbaik (dan mengkerdilkan bisnis orang tersebut), kenapa ngga berkolaborasi aja?

Tujuannya udah sama, ya tinggal diomongin aja... didiskusikan aja kemungkinan untuk kolaborasi tersebut. Akan lebih enak, karena untuk bisa melakukan semaksimal mungkinnya jadi lebih 'mudah', karena kini Agan punya mitra. Dan, kan secara ngga langsung, Agan jadi ngga perlu mikirin kompetitor... karena 'si kompetitor' ini kan sekarang sudah duduk bareng dan jadi mitra Agan. Bener?

Dan, dengan kolaborasi, Agan bisa bersama-sama membesarkan industri yang Agan tekuni tersebut. Percaya deh, kolaborasi lebih seru daripada berkompetisi! Saya sudah buktikan sendiri di dalam banyak hal,...

Ada yang mau berkolaborasi dengan @Youngontop dalam memajukan kaum muda Indonesia? Yuk!

Billy Boen
CEO, PT Jakarta International Management
President Director, Rolling Stone Cafe Jakarta