Laman

Thursday, June 9, 2011

Alasan kenapa kita harus makan Oatmeal

oatmeal merupakan oat groatsl, corn meal dan pease meal yang dihaluskan. Berbentuk bubuk dengan serpihan kasar. Aromanya gurih wangi seperti susu atau gandum. Ada yang disebut quick oat karena sudah dipotong serpihannya dan dikukus sehingga cepat matang jika dimasak. Ada juga yang instant oat yaitu yang bisa langsung dimakan. Jenis ini biasanya sudah ditambahkan gula dan perasa buah-buahan.
Quote:
alasan kenapa kita harus makan oatmeal!

1. Membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.serat larut dalam oat membantu menghilangkan ldl atau kolesterol "buruk", dengan tetap menjaga kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh anda. Pada januari 1997, food and drug administration mengumumkan bahwa oatmeal bisa membawa label mengklaim dapat mengurangi resiko penyakit jantung bila dikombinasikan dengan diet rendah lemak.

2. Serat larut dalam oatmeal menyerap sejumlah besar air yang signifikan memperlambat proses pencernaan anda. Hasil ini adalah bahwa anda akan merasa kenyang lebih lama. Oatmeal dapat membantu anda mengendalikan berat badan anda [pas buat yg diet dan yg lagi puasa]

3. Ini bukan promosi tapi 80% warga us memiliki oatmeal di dapurnya, yaaa kenapa ngga, daripada nyetok mie instan mendingan nyetok oatmeal. For better life, sekarang anak kos nyetok oatmeal bukan mie instan. :d

4. Makan oat dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2. In fact, the american diabetes association already recommends that people with diabetes eat grains like oats karena serat larut dalam oatmeal membantu untuk mengontrol kadar glukosa darah.

5. Menurut studi terbaru, diet dng oatmeal dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Penurunan ini terkait dengan peningkatan serat larut disediakan oleh oatmeal. Oats mengandung lebih banyak serat larut dari gandum, beras atau jagung.

6. Oatmeal mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan antioksidan dan merupakan sumber protein yang baik, karbohidrat kompleks dan zat besi.

7. Serat dan nutrisi yg terkandung di dlm oat, juga dapat mengurangi resiko kanker tertentu.

8.oatmeal is quick and convenient. Oatmeal dapat disajikan kurang dari 10 menit, bahkan oatmeal instan dapat disajikan kurang dari 1 menit [bener-bener mantap, bisa lebih cepat dari mie instan].

9. Oatmeal emang berasa tawar, tapi dengan sedikit imajinasi dan kreatifitas [hahha..lebay] untuk mencampur dengan berbagai bumbu atau makanan pendamping, maka oatmeal akan menjadi makanan yg enak bergizi full fiber kaya nutrisi. [sumber : xttp://mrbreakfast.com/article.asp?articleid=27]
Quote:
ini bukan kreatifitas tapi percobaan resep oatmeal sederhana:

4 sendok makan oatmeal + 1,5 sendok makan gula pasir atau sesuai selera. baiknya gula rendah kalori atau lebih baik tanpa gula supaya khasiat oatmeal maximal dari resep diatas bisa ditambah potongan-potongan buah-buahan. Misalnya potongan tomat, pisang, stroberi, durian, mangga dll.

Selain makanan sehat ternyata oatmeal juga bagus untuk dijadikan masker atau luluran tubuh. sumber : xttp://kosmo.vivanews.com/news/read/23028-rawat_kulit_dengan_oatmeal
Quote:
Adapun makanan asli indonesia yang bisa menyainginya yaitu Beras merah yang di tumbuk (tidak digiling). kenapa ditumbuk?
Spoiler for karena:
karena dengan ditumbuk maka kulit ari dari beras itu masih menempel. Kulit ari beras ini kaya serat dan minyak alami, sehingga dapat memberikan asupan gizi yang lebih baik bagi tubuh.

Lemak yang terkandung di kulit ari beras umumnya lemak esensial. Lemak ini sangat penting untuk perkembangan otak. Kandungan serat alami dalam kulit ari juga memberikan efek kenyang dan membersihkan saluran pencernaan. Manfaat lainnya, menurunkan kadar gula dan kolesterol darah, sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah diabetes melitus dan penyakit lain yang berhubungan dengan kolesterol, seperti aterosklerosis, penyakit jantung, stroke, dan hipertensi.

Umur simpan beras merah lebih pendek dibandingkan dengan beras putih. Kandungan minyak alami di dalam beras merah menyebabkan beras tersebut lebih mudah rusak dan memiliki umur simpan lebih pendek. Untuk mengatasinya, beras merah harus disimpan dalam tempat yang redup dan sejuk, tidak lebih dari tiga bulan. Umur simpan beras merah dapat diperpanjang dengan penyimpanan dingin. Selain mudah rusak, hasil panen beras merah juga lebih sedikit dari beras putih.

Nah, mungkin dengan kendala tersebut maka beras merah kalah pamor dengan beras putih, padahal kandungan gizi dan seratrnya bisa menyaingi oatmeal yang udah go internasional duluan.
Quote:
Khasiat beras merah bagi kesehatan telah dikenal sejak tahun 2800 SM. Para tabib zaman itu percaya bahwa beras merah memberi efek medis yang menenangkan. Penulis-penulis Asia Timur pun menyatakan beras merah mampu mengusir penyakit karena keseimbangan alamiahnya. Ahli makrobiotik zaman kini pun setuju akan hal itu.

Beberapa penelitian menunjukkan beras merah bisa menjadi sumber antioksidan yang baik. Antioksidan yang dihasilkan beras merah berasal dari pigmen antosianin. Pigmen antosianin juga terdapat pada buah-buahan sebagai pigmen yang memberikan tampilan warna merah.

Sebagai unsur trace element, selenium dalam beras merah memegang peran penting bagi tubuh. Selenium merupakan bagian penting dari enzim glutation peroksidase, yang merupakan katalisator untuk memecahkan peroksida menjadi komponen nontoksik. Peroksida akan bersifat toksik apabila berubah menjadi radikal bebas, yaitu mampu mengoksidasi asam lemak tidak jenuh pada membran sel. Apabila hal ini terjadi membran sel rusak dan terjadilah kanker.

Kandungan selenium dalam beras merah, walaupun sedikit, berperan dalam mencegah kanker dan penyakit degeneratif lainnya. Kadar selenium pada 100 gram beras merah 39 mikrogram. Kecukupan selenium untuk laki-laki usia 16 tahun ke atas adalah 70 mikrogram per hari, sedangkan untuk wanita di atas 16 tahun (tidak dalam kondisi hamil dan menyusui) 50-55 mikrogram per hari. Kandungan selenium dalam 200 gram beras merah telah mencukupi kebutuhan harian akan selenium.

Kemampuannya dalam mengubah peroksida menjadi komponen tidak beracun, menjadikan selenium berpotensi mencegah kanker dan penyakit degeneratif lainnya. Pakar dari the Arizona Cancer Center telah meneliti efek selenium terhadap 1.312 sukarelawan laki-laki dan perempuan dengan riwayat kanker kulit. Setengah dari jumlah mereka diberikan suplemen selenium sebanyak 200 mikrogram sehari.



Komposisi gizi per 100 gram Beras Merah Tumbuk
Energi (kkal) 360 359
Protein (g) 6,8 7,5
Lemak (g) 0,7 0,9
Karbohidrat (g) 78,9 77,6
Kalsium (mg) 6 16
Fosfor (mg) 140 163
Besi (mg) 0,8 0,3
Vitamin A (SI) 0 0
Vitamin B1 (mg) 0,12 0,21
Vitamin C (mg) 0 0
Air (g) 13 13