Laman

Wednesday, May 15, 2013

13 Fakta Penting Tentang Pijat

Siapa sih yang tak suka dipijat? Selain terasa nikmat, pijatan juga bisa mengusir stress dan membuat pikiran lebih rileks. Namun apakah ada manfaatnya untuk kesehatan?
Dokter Hawin Nurdiana, M.Kes. memaparkan, tujuan pijat adalah memperlancar peredarah darah. "Darah bertugas membawa zat-zat, di antaranya oksigen, ke seluruh tubuh. Lancarnya peredaran darah akan mengaktifkan kerja organ-organ tubuh,"
Lalu bagaimana dengan pemahaman masyarakat bahwa pijat dapat menyembuhkan masuk angin?

Menurut dr. Hawin, masuk angin biasanya terjadi pada orang yang terlalu letih atau stres. Akibatnya timbul rasa nyeri di otot. Pijat inilah yang bisa merelaksasikan otot-otot yang tegang (mengalami kontraksi) tersebut.

Founder & Owner Fitto Reflexology, O.A. Yuwono menuturkan bahwa pijatan juga dapat mengurangi ketegangan pada otot akibat aktivitas sehari-hari. Pijat juga dapat memperbaiki sirkulasi darah, karena saat pemijatan, ada titik-titik tertentu yang ditekan sehingga daerah yang darahnya tersumbat akan lancar kembali.

Pijat juga dapat mengurangi ketegangan pada otot akibat aktivitas sehar-hari. “Dengan pijatan, tekanan pada otot bisa berkurang,” ujarnya. Selain itu, "Pemijatan menghasilkan hormon endorfin yang membuat kita merasa nyaman dan enak,”

Dokter Hawin sepakat, dari sisi kesehatan, pijat memang banyak manfaat baik secara fisik maupun psikis, bahkan membantu penyembuhan berbagai penyakit fisik.

Quote:
Berikut manfaat pijat secara luas seperti diungkapkan dr. Hawin Nurdiana, M.Kes:

Quote:
Quote:1. Pijat dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga organ-organ vital dan jaringan lain dalam tubuh akan memperoleh lebih banyak oksigen dan nutrisi penting.

Spoilerfor Sirkulasi Darah:
Quote:

Quote:2. Pijat dapat mengatur tekanan darah, mengurangi hipertensi. Ketika dipijat, tubuh akan dirangsang agar mempengaruhi reseptor tekanan di bagian otak yang mengatur tekanan darah.
Spoilerfor tekanan darah:
Quote:
Quote:
3. Pemijatan pada daerah dada, leher, dan punggung mampu menurunkan denyut jantung hingga 10 denyut tiap menitnya. Alhasil, tekanan darah menurun sebanyak delapan persen.
Spoilerfor pijat punggung:
Quote:

Quote:4. Pijat menyehatkan paru-paru dan perut. Ketika dipijat, saraf vagus yang ikut mengatur sistem pencernaan dan pernapasan akan mengatur paru-paru bernapas lebih lambat dan dalam sehingga dapat memaksimalkan sistem pencernaan.
Spoilerfor paru-paru:
Quote:

Quote:5. Meningkatkan kemampuan otak. Gelombang otak memiliki kemampuan untuk berubah-ubah sesuai kondisi tubuh seseorang. Pemijatan pada pagi hari dapat membuat tubuh terasa lebih segar dan waspada. Sementara bila pemijatan dilakukan sebelum tidur malam, akan menyebabkan tidur lebih nyenyak.
Spoilerfor otak manusia:
Quote:

Quote:6. Meningkatkan fungsi kulit dan peredaran darah. Dapat pula membantu proses produksi kelenjar keringat dalam menghasilkan keringat, sehingga zat tidak berguna dalam tubuh dapat dibuang bersama keringat.
Spoilerfor kelenjar kulit:
Quote:

Quote:7. Gerakan pijat yang dilakukan dengan cara menekan dan menghentak seperti meremas, memukul, dan menepuk dapat membantu melarutkan lemak.
Spoilerfor pijet:
Quote:

Quote:8. Mengurangi stres. Saat dipijat, saraf vagus akan mengirim sinyal ke kelenjar adrenal untuk menekan produksi hormon stres seperti kortisol.
Spoilerfor streess:
Quote:

Quote:9. Pijat juga mampu mengurangi rasa sakit karena sel-sel saraf kulit yang ditekan mengirim sinyal melalui salah satu pusat nyeri, yakni sumsum tulang belakang. Dalam perjalanannya, sinyal tekanan lebih cepat ketimbang rasa sakit sehingga dapat mengurangi nyeri.
Spoilerfor kulit saraf:
Quote:

Quote:10. Meningkatkan daya tahan tubuh. Hormon kortisol yang menurun saat dipijat dapat mengurangi stres dan meningkatkan sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh kita.
Spoilerfor pijat:
Quote:

Quote:Namun demikian, lanjut dr. Hawin, ada juga dampak buruk apabila sering dipijat:

Quote:11. Mengalami Alergi
Minyak pijat, lotion atau minyak aromaterapi yang sering dipakai saat pijat bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang.
Spoilerfor alergi kulit:
Quote:

Quote:12. Gula Darah Rendah
Biasanya gula darah turun setelah dipijat. The University of Maryland Medical Center (UMMC) menyarankan agar penderita diabetes memeriksa gula darah sehabis pijat. UMMC juga merekomendasikan, penderita diabetes yang suka pijat secara rutin, harus membuat grafik untuk melihat pola gula darah dan memonitor kadar gula darah.
Spoilerfor gula darah:
Quote:

Quote:13. Gumpalan Darah
Terapi pijat bisa berbahaya bagi mereka yang memiliki gumpalan darah dalam tubuh. Dengan pijat, gumpalan darah tersebut bisa berpindah tempat ke jantung atau otak yang menyebabkan sumbatan sehingga bisa terjadi serangan jantung dan stroke.
Spoilerfor gumpalan darah:
Quote: