Laman

Friday, March 30, 2012

IMPETIGO, hati-hati yang suka nyepelein penyakit kulit

Ane mau share aja pengalaman ane karna nyepelein penyakit kulit dan males berobat.
Sekitar sebulan yang lalu tiba-tiba di telapak kaki ada ada benjolan kecil isi air bening dan ga sakit.
Bentuknya kayak gini

Spoiler for pic IMPETIGO BULOSA waktu masih kecil, ane remehin:




Dari ane kecil ane udah sering kena penyakit kulit bentolan isi air gitu, biasanya karna alergi kena air kotor/ detergent,
tapi biasanya didiemin aja ntar kempes dan hilang sendiri...

Tapi kali ini beda, lama ga ilang-ilang. Malah timbul lagi 3 di telapak kaki yang sama..
Wah mungkin ini bukan alergi, KEBETULAN ade ane dirumah lagi kena penyakit kulit scabies.
Ane browsing tentang scabies, disitu ane baca salah satu gejalanya yaitu terdapat lesi, kayak benjolan yg ada di telapak kaki ane ini..
Sotoy ane mulai deh gan
Ane diagnosa sendiri bahwa ane kena scabies ketularan adek ane.
Ane beli sendiri obat scabies ke apotik (namanya scabimite) mana mahal pula 70.000


Selain itu setiap hari ane mandi pake air panas yang dikasih sabun sulfur, termasuk kaki ane, ane rendem disitu DUA-DUANYA..
Padahal yang ada bentolannya cuma kaki kiri, ane rendem keduanya maksudnya supaya kumannya mati semua ga nyebar.
Padahal ini justru yg bikin nyebar ke telapak kaki satunya


Lama-kelamaan,
salah 1 bentolnya membesar....
warnanya juga berubah yang tadinya bening jadi keruh keputihan gitu gan
yang tadinya ga sakit, sekarang jadi sakit
Yang tadinya kecil kayak gitu, jadi sebesar ini :


Spoiler for pic IMPETIGO BULOSA yang udah jadi ECTHYMA, awas agak DP:




Makin hari makin besar aja sampe akhirnya ane ga bisa make sendal karna sakit banget kalau benjolannya kesentuh.
Diem pun sakit gan, nyeri dan perih gitu
Apalagi buat jalan, walau ane pake tumit jalannya (karna ga mau benjolannya nyentuh lantai)
tetap aja nyut-nyutan setiap ada gerakan di kaki ane, apalagi ada tekanan gitu nopang tubuh pas jalan,
wuihh rasanya pengen ngejerit nahan sakit
sampe-sampe ane nangis karna sakit banget (cewe gan, maklum)

Bos ane kira ane kena mata ikan

Besoknya pas udah bener-bener ganggu aktifitas ane (ane jadi ga bisa jalan, harus dianter-jemput pake motor ke tempat kerja, tadinya jalan sendiri gan)
baru ane berobat ke puskesmas (gratis lho )

Kata dokter ane kena IMPETIGO
Bukan scabies, bukan mata ikan.
Yang nyerang ane impetigo BULOSA (Karna ada airnya)
dan udah ke tahap jenis impetigo yang lebih serius, Ecthyma

Spoiler for ECTHYMA:

Ecthyma merupakan JENIS IMPETIGO YANG LEBIH SERIUS yang terdapat di lapisan dalam kulit (dermis).
Tanda dan gejala antara lain luka berisi cairan atau nanah yang terasa sakit, biasanya pada kaki.
Kemudian memecah dengan kerak yang berwarna kuning keabu-abuan dan keras. Bekas akan tertinggal setelah luka sembuh.

Ecthyma dapat juga menyebabkan pembengkakan kelenjar limpa pada area yang terkena.
Mereka yang memiliki diabetes atau sistem imun yang lemah secara khusus lebih rentan terkena ecthyma, jenis impetigo yang lebih serius.

Nah sekarang, sedikit aja penjelasan tentang IMPETIGO

Spoiler for IMPETIGO:

Impetigo adalah infeksi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus dan streptococcus dan biasanya menyerang anak-anak, namun dapat juga menyerang orang dewasa.
Bakteri ini hidup normal di kulit manusia tanpa menimbulkan penyakit.

IMPETIGO TERJADI BILA BAKTERI INI MASUK MELALUI LUKA DI KULIT atau gigitan serangga dan berkembang biak.
Pada dewasa, impetigo bisa terjadi setelah penyakit kulit lainnya.

IMPETIGO BISA JUGA TERJADI SETELAH SUATU INFEKSI SALURAN PERNAFASAN ATAS MISALNYA FLU
atau infeksi virus lainnya.

Walaupun sebagian besar disebabkan oleh bakteri yang masuk melalui luka, namun impetigo dapat terjadi pada kulit yang sehat.
Dalam dunia kedokteran dibagi 2 jenis, yakni:

1. Impetigo Koagiosa, yakni kulit melepuh mirip tersulut api, dan
2. Impetigo Bulosa, yakni kulit melepuh disertai dengan adanya kantong berisi cairan kekuningan. (Ane kena yang ini)

Pada impetigo bulosa, terbentuk semacam kantong tipis, lunak, berisi cairan kekuningan. Tak jarang disertai pembesaran kelenjar (limfadenopati) di daerah kulit yang melepuh.
Kadang disertai rasa seperti terbakar dan gatal.

Kurangnya kebersihan dan keadaan kurang gizi serta ANEMIA mempermudah terjangkitnya penyakit kulit ini mengingat penyakit ini mudah menular.


Impetigo MENYEBAR MELALUI KONTAK LANGSUNG DENGAN LESI (daerah kulit yang terinfeksi)

Impetigo diobati dengan antibiotik. Penyakit ini dapat sembuh sendiri dalam 2-3 minggu, namun karena dapat menyebar dengan mudah dan DAPAT MENJADI INFEKSI YANG LEBIH SERIUS, sangat penting untuk mengobatinya secepat mungkin.

Impetigo biasanya tidak berbahaya. Namun bila dibiarkan atau kuman yang menyerang cukup banyak,
DAPAT TERJADI KOMPLIKASI berupa radang ginjal, infeksi tulang, radang paru, atau radang kelenjar getah bening.


Gitu gan,
Yang kayak ane jangan dicontoh ya...
Ane yakin kaskuser banyak yg suka males berobat,
dan nyepelein penyakit..
Malah kadang sok tahu ngira-ngira dan ngobatin sendiri penyakitnya kayak ane
Bukannya membaik malah tambah parah
Kalau sakit mending langsung ke dokter aja gan, atau puskesmas yang murah..
Karna pengetahuan kita tentang penyakit ga sebanyak dokter,
walau dibantu googling sekalipun....
Nyesel ane gan beli obat sendiri 70.000 ternyata salah dan tambah parah,
padahal di puskesmas gratis (kalau pun bayar murah antara 2-5 ribu aja) dan obatnya bener