Laman

Tuesday, November 1, 2011

Tips Agar Anak Tidak Bandel

Anak di ciptakan oleh Allah dalam keadaan fithrah atau suci, bahkan hadits nabi mengatakan bahwa anak terlahir seperti kertas putih dan orang tualah yang akan menentukan apakah dia islam, yahudi, majusi atau nasrani.

Dan keinginan orang tua adalah jelas ingin anak nya menjadi anak yang tidak merepotkan orang tua-nya dan berharap menjadi anak yang soleh karena Anak yang saleh adalah investasi dunia akhirat buat orang tua-nya. Jadi didiklah anak sesoleh mungkin untuk bekal kita di akhirat nanti. Bagaimana cara nya ??? berikut tips nya :
Quote:


Sentuhan Fisik berupa pelukan dan ciuman. Anak yang bandel sering kali kurang mendapatkan hal ini. dan kalau anda mempunyai anak yang bandel, maka terapi lah dengan pelukan dan ciuman selama sebulan Insya Allah anak akan berkurang kebandelan nya. Namun jika anak sudah beranjak remaja. jangan melakukan hal ini di depan Umum. Mereka sudah merasa punya privasi sendiri.
Quote:

Bahasa Pujian. Pernah gak melihat seorang anak mengucapkan kata cacian ke orang-orang atau ke adik2 nya? klo mengalami hal ini maka bisa di sinyalir kalau orang tua jarang banget memberi kata-kata pujian ke anak nya. Kata pujian adalah sebuah kata2 positif yang bisa membuat anak-anak kita berbuat positif juga. Namun harap di ingat, jangan berlebih memberi kata pujian itu bahkan bisa menjerumuskan sang Anak
Quote:

Beri Kasih Sayang yang tulus. Memang sebagai orang tua kita wajib memberi nafkah ke sang Anak, namun bukan sekedar materi saja yang dibutuh kan Anak. Kasih sayang juga sangat diperlukan untuk tumbuh kembang jiwa sang anak. Jikalau anda sayang pada Anak anda. Coba sebutkan 10 kelebihan Anak anda? kalau anda masih kesulitan menjawabnya, sekarang coba Sebutkan 10 Kejelekan dari anak anda? dapat dipastikan anda akan dengan cepat menjawab pertanyaan yang terakhir.

Kalau anda bisa menjawab pertanyaan yang terakhir dengan cepat berarti anda belum memberikan kasih sayang dengan tulus, cuma sekedar kewajiban saja yang anda berikan. Jadi tips nya untuk memberikan kasih sayang adalah cari kelebihan sang anak dan beri pujian kepada nya. Jangan di cari-cari kesalahan atau kekurangan nya terus. Pasti dia akan menghindari dan menjaga jarak dengan anda .
Quote:

Waktu kebersamaan. Selain materi dan kasih sayang, anak juga perlu waktu untuk ngobrol dan shring inforasi dengan orang tua-nya. Contoh kasus, anak tidak betah di rumah, ini bisa disebabkan gara-gara orang tua tidak pernah mempunyai waktu untuk bersama dengan anak nya. Gunakan hari libur untuk berkumpul dengan keluarga. waktu kebersamaan ini lah yang di butuh kan. jangan di abaikan, jangan mentang-mentang mumpung hari libur anak bisa main playstation "asyik sendiri" dan gue bisa mengerjakan hobby gue, mancing, kumpul klub motor, arisan atau sebagainya. Maka inilah yang menyebabkan anak anda tidak betah di rumah.
Quote:

Sesekali beri hadiah tanpa di minta. Hal ini selain memperpendek jarak anda dengan anak anda, juga melatih anak anda agar tidak pelit. dan usahakan agar hadiah ini bukan untuk pamrih
Quote:
mudah-mudahan sedikit tips ini bisa membantu mendekatkan diri anda dengan anak anda.
Tidak ada kata terlambat, Tidak ada kata terlanjur selama napas masih berhembus semua masih ada kesempatan.