Laman

Thursday, May 5, 2011

Perang Paling Legendaris Sepanjang Masa , 300 VS 170000 Orang!?

Perang Sparta

1. Apa Itu Perang Sparta?

Quote:
Perang Sparta adalah Perang antara Persia Melawan Yunani Pada Tahun 360 SM . Persia Dipimpin Oleh Raja Xerxes sedangkan Yunani Dipimpin oleh Leonidas . Prajurit yang diturunkan ke Sparta (salah satu daerah Yunani) bukan main-main , yaitu 170000 orang . Sedangkan dari pihak Yunani , hanya ada 300 Spartan (nama Prajurit dari Sparta).

Terdengar Sangat Tidak Berimbang kan Seperti :



Catur Spartan

Hal itu tidak berlaku Untuk Prajurit Spartan , Mereka yang memiliki Moto : "Menang atau mati" , Memberikan Perlawanan yang sangat kuat untuk Prajurit Persia sampai 3 Hari yang menewaskan 70.000 Tentara Persia. Sayangnya , mereka kalah karena ada pengkhianat yang memberitahu Lubang Kelemahan Dari Prajurit Spartan ini . Akhirnya Mereka pun kalah di hari ketiga . 300 membunuh 70000 ? Unhuman .

Dan sekali lagi ini bukan cuman Mitos . Perang ini benar-benar terjadi dan tercatat dalam sejarah Dunia . Buat yang tidak percaya / Mengatakan ini HOAX , silahkan tanyakan kepada guru sejarah sendiri atau Search di Google Oiya , Perang ini Dikenal juga dengan sebutan Battle of Thermopylae.

Sedikit catatan penting bahwa Spartan juga dibantu oleh 700 Thespians, and 400 Thebans . tapi sayang mereka semua sudah gugur hanya dalam beberapa jam . Jadi Itu ngak Dihitung yah gan


'WE ARE SPARTAN ! NEVER RETREAT ! NEVER SURRENDER ! DIE IN BATTLE FIELD IS OUR GREATEST GLORY ! '


2. Strategi dan Situasi

Quote:
Kita Akan Segera Mengetahui situasi dan strategi apa yang diterapkan King Leonidas sehingga mereka bisa menahan Tentara Persia Selama 3 Hari. sebelumnya gambar dibawah ini adalah TKP sebenarnya dari Pertempuran.


tkp perang
Thermophylae

Quote:
Situasi apa yang dihadapi oleh Spartan ?

Mereka Harus menghadapi 170000 musuh untuk menahan musuh mereka masuk ke pusat kota . kurang lebih seperti ini ilustrasinya (maaf yah gan klo gambarnya jelek



Situasi TKP
Quote:
Strategi yang diterapkan ?

King Leonidas sengaja untuk memilih bertempur di tempat yang sempit agar menghambat musuh bermain 'keroyokan'. pada akhirnya tetap mereka menghadapi musuh yang sepadan dengan mereka 1 VS 1. tapi yang patut diacungi jempol adalah daya tahan tubuh dan Keberanian mereka.

tapi tentu semua orang penasaran dengan , bagaimana Mereka bisa kalah di pertempuran ini ?
Quote:
Kekalahan Spartan Di Perang Sparta

Spartan kalah karena penduduk lokal bernama Ephialtes mengkhianati orang-orang Yunani dengan memberitahukan sebuah jalan kecil yang mengarah ke garis belakang Yunani. kita lihat jalan kecil tersebut :


Jalan Masuk Ke garis pertahanan

akhirnya Tentara Persia masuk kesana tanpa diketahui oleh Spartan , dan menusuk pertahanan Spartan dari belakang . Mereka Pun harus menelan kekelahan yang HEROIK . Mereka Berjuang hingga titik darah penghabisan.


Mereka Menusuk Garis Pertahanan Spartan
3. Kronologis Perang
Quote:

Kronologi Kejadian

Hari Pertama dan Kedua
Tentara Persia Mendarat di Thermopylae di hari pertama. Perang pun pecah . Gerbang Kedua berhasil ditembus , dan mereka langsung berhadapan dengan spartan . Perang Ini Berlangsung 2 Hari . sangat mematikan.

Hari Ketiga

Hari Ketiga , Hari dimana pengkhianat itu Membocorkan jalan kecil ,letak kelemahan Spartan. Hari itulah pejuang yang gagah berani itu Gugur Semua.