Laman

Thursday, May 26, 2011

8 Tokoh Dunia Pemberi Inspirasi

1. Stephen Hawking

Quote:
Stephen Hawking lahir pada 8 Januari 1942 dari pasangan Dr. Frank Hawking, seorang biolog, dan Isobel Hawking. Ia memiliki dua saudara kandung, yaitu Philippa dan Mary, dan saudara adopsi, Edward. Orang tua Hawking tinggal di North London dan pindah ke Oxford ketika ibu Hawking sedang mengandung dirinya untuk mencari tempat yang lebih aman. (London saat itu berada dibawah serangan Luftwaffe Jerman).
Setelah Hawking lahir, keluarga mereka kembali ke London. Ayahnya lalu mengepalai divisi parasitologi di National Institute for Medical Research. Pada tahun 1950, Hawking dan keluarganya pindah ke St Albans, Hertfordshire. Di sana ia bersekolah di St Albans High School for Girls dari tahun 1950 hingga 1953 (pada masa itu, laki-laki dapat masuk ke sekolah perempuan hingga usia sepuluh tahun). Dari usia sebelas tahun, Hawking bersekolah di St Albans School.
Hawking selalu tertarik pada ilmu pengetahuan.. Ayahnya ingin agar Hawking masuk ke University College, Oxford, tempat ayahnya dulu bersekolah. Hawking lalu mempelajari ilmu pengetahuan alam. Ia mendapat beasiswa, dan lalu berspesialisasi dalam fisika.
Setelah menerima gelar B.A. di Oxford pada 1962, ia tetap tinggal untuk mempelajari astronomi. Ia memilih pergi ketika mengetahui bahwa mempelajari bintik matahari tidak sesuai untuknya dan Hawking lebih tertarik pada teori daripada observasi. Hawking lalu masuk ke Trinity Hall, Cambridge. Ia mempelajari astronomi teoretis dan kosmologi.
Segera setelah tiba di Cambridge, gejala sklerosis lateral amiotrofik (ALS) yang akan membuatnya kehilangan hampir seluruh kendali neuromuskularnya mulai muncul. Pada tahun 1974, ia tidak mampu makan atau bangun tidur sendiri. Suaranya menjadi tidak jelas sehingga hanya dapat dimengerti oleh orang yang mengenalnya dengan baik. Pada tahun 1985, ia terkena penyakit pneumonia dan harus dilakukan trakeostomi sehingga ia tidak dapat berbicara sama sekali. Seorang ilmuwan Cambridge membuat alat yang memperbolehkan Hawking menulis apa yang ingin ia katakan pada sebuah komputer, lalu akan dilafalkan melalui sebuah voice synthesizer'.

Spoiler for buka:

Spoiler for pesan:
Intelligence is the abillity to adapt to change.
Kepandaian adalah kemampuan menyesuaikan diri untuk berubah.
2. Thomas Alva Edison
Quote:
Pada tahun 1870 ia menemukan mesin telegraf yang lebih baik. Mesin-mesinnya dapat mencetak pesan-pesan di atas pita kertas yang panjang. Uang yang dihasilkan dari penemuannya itu cukup untuk mendirikan perusahaan sendiri. Pada tahun 1874 ia pindah ke Menlo Park, New Jersey. Disana ia membuat sebuah bengkel ilmiah yang besar dan yang pertama di dunia. Setelah itu ia banyak melakukan penemuan-penemuan yang penting. Pada tahun 1877 ia menemukan Gramofon. Dalam tahun 1879 ia berhasil menemukan lampu listrik kemudian ia juga menemukan proyektor untuk film-film kecil. Tahun 1882 ia memasang lampu-lampu listrik di jalan-jalan dan rumah-rumah sejauh satu kilometer di kota New York. Hal ini adalah pertama kalinya di dunia lampu listrik di pakai di jalan-jalan. Pada tahun 1890, ia mendirikan perusahaan General Electric.

Edison dipandang sebagai salah seorang pencipta paling produktif pada masanya, memegang rekor 1.093 paten atas namanya. Ia juga banyak membantu dalam bidang pertahanan pemerintahan Amerika Serikat. Beberapa penelitiannya antara lain : mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkan kekuatan torpedo, kapal kamuflase, dan masih banyak lagi.
Ia meninggal pada usianya yang ke-84, pada hari ulang tahun penemuannya yang terkenal, bola lampu modern. Pada tahun 1928 ia menerima penghargaan berupa sebuah medali khusus dari Kongres Amerika Serikat.
Spoiler for buka:

Spoiler for pesan:
our greatest weakness lies in giving up. The most certain way to succeed is always to try just one more time.
Kelemahan terbesar kita terletak pada sikap kita untuk menyerah. Satu-satunya jalan menuju sukses adalh dengan mencoba sekali lagi.
3. Yitzhak Rabin
Quote:
Rabin lahir di Yerusalem yang masuk bagian wilayah Palestina (tepatnya: Mandat Britania Palestina).
Dalam masa jabatannya yang kedua, ia berusaha menjalin hubungan baik dengan Palestina. Atas usahanya itu, pada tahun 1994 bersama-sama Yasser Arafat dan Menteri Luar Negeri Shimon Peres ia mendapat hadiah Nobel Perdamaian. Ada beberapa pihak yang menolak keras langkah-langkah perdamaiannya. Tanggal 4 November 1995, ia tewas diberondong peluru oleh sesama Yahudi di Tel Aviv.

Spoiler for buka:

Spoiler for pesan:
We must think differently, look at things in a different way. Peace requires a world of new concepts, new definitions.
Kita harus berpikir berbeda, melihat segala sesuatu dengan cara yang berbeda. Perdamaian membutuhkan dunia dengan konsep yang baru, definisi yang baru.
4. Thomas Jefferson
Quote:
Thomas Jefferson lahir di Shadwell, Gloochland (sekarang Albemarle), Virginia, AS pada 13 April 1743. Anak dari Peter dan Jane Randolph Jefferson, pasangan keluarga berada. Ayahnya, Peter, meninggal pada saat ia berumur 14 tahun dan mewarisinya tanah seluas 2,750 acre dan sejumlah budak belian.
Pada tahun 1760 hingga tahun 1762 Jefferson menuntut ilmu di College of William and Mary dan mempelajari budaya dan sastra Yunani serta Latin klasik, ia juga mempelajari permainan biola.
Thomas Jefferson adalah seorang filsuf politik yang gencar mendukung faham kebebasan liberal (liberalism), faham republik, dan pemisahan antara negara dan agama. Thomas Jefferson jugalah yang membuat desentralisasi pemerintahan di Amerika Serikat.
Pada tahun 1770 ia mulai membangun rumahnya didaerah dataran tinggi gunung di Monticello dan pada 1772 ia menikah dengan Martha Wayles Skelton, seorang janda kaya raya, dan membawanya untuk tinggal bersama di rumahnya yang belum selesai dibangun. Istrinya meninggal dunia pada tahun 1782 saat Jefferson kembali menjabat sebagai bagian dari delegasi kongres AS.
Pada usia 33 tahun sebagai anggota Kongres Kontinental, yaitu kongres ke-13 daerah jajahan di Amerika yang menyatakan kemerdekaan dari Inggris, Thomas Jefferson menyusun Deklarasi Kemerdekaan. Dalam pasal pendek, ia menyingkap filsafat revolusi saat itu, dan kemudian dikenal sebagai Piagam Hak-Hak Azazi Manusia.Thomas Jefferson meninggal dunia pada tanggal 4 Juli 1826
Spoiler for buka:

Spoiler for pesan:
Honesty is the first chapter in the book of wisdom
kejujuran adalah bab pertama dalam Kitab Kebijaksanaan.
5. Florence Nightingale
Quote:
Florence Nightingale (lahir di Florence, Italia, 12 Mei 1820 – meninggal di London, Inggris, 13 Agustus 1910 pada umur 90 tahun) adalah pelopor perawat modern, penulis dan ahli statistik. Ia dikenal dengan nama Bidadari Berlampu (bahasa Inggris The Lady With The Lamp) atas jasanya yang tanpa kenal takut mengumpulkan korban perang pada perang Krimea, di semenanjung Krimea, Rusia.
Florence Nightingale menghidupkan kembali konsep penjagaan kebersihan rumah sakit dan kiat-kiat juru rawat. Ia memberikan penekanan kepada pemerhatian teliti terhadap keperluan pasien dan penyusunan laporan mendetil menggunakan statistik sebagai argumentasi perubahan ke arah yang lebih baik pada bidang keperawatan di hadapan pemerintahan Inggris. Florence Nightingale meninggal dunia di usia 90 tahun pada tanggal 13 Agustus 1910. Keluarganya menolak untuk memakamkannya di Westminster Abbey, dan ia dimakamkan di Gereja St. Margaret yang terletak di East Wellow, Hampshire, Inggris.
Spoiler for buka:

Spoiler for pesan:
I attribute my success to this - I never gave or took any excuse.
Aku mengumpamakan kesuksesan seperti ini - Aku tidak akan pernah menyerah atau mencari-cari alasan untuk menyerah.

6. Henry Ford

Quote:
Henry Ford seorang penemu, dermawan dan pengusaha Amerika yang sukses. Ford adalah pendiri perusahaan Ford Motor masih populer yang sukses pertama dengan mobil Ford Model T yang dirilis pada tahun 1908. Henry Ford merevolusi cara mobil didesain dan dibangun, memperkenalkan pabrik perakitan untuk memproduksi jumlah massa kendaraan yang menuju ke harga yang lebih rendah bagi konsumen dan ledakan dalam kepemilikan mobil di seluruh Amerika Serikat.
Henry Ford lahir pada 30 Juli 1863 di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat, dalam apa yang kemudian dikenal sebagai Springwells Township. orangtua Ford adalah imigran Irlandia dan keluarganya tinggal di sebuah peternakan, Henry Ford dengan menjadi anak tertua dari enam anak. Keluarga memiliki asuhan nyaman di pertanian dengan pendapatan yang layak, tetapi bahkan sebagai orang muda, Ford percaya ada pekerjaan terlalu banyak dan tidak cukup pendapatan hidup dari tanah.
"Ini adalah kehidupan di tanah pertanian yang mendorong saya ke dalam merencanakan cara dan sarana untuk transportasi yang lebih baik. Saya lahir pada tanggal 30 Juli 1863, di sebuah pertanian di Dearborn, Michigan, dan seingat saya awal adalah bahwa, dengan mempertimbangkan hasil, ada juga banyak pekerjaan di tempat itu. " Kutipan Henry Ford
Ford memulai kariernya sebagai teknisi magang pada tahun 1879, kemudian kembali ke peternakan keluarganya pada tahun 1882 sebelum memulai bekerja dengan perusahaan Westinghouse ke layanan mesin uap mereka. Ford kemudian pergi ke bekerja di Edison menerangi Perusahaan di mana ia menjadi kepala insinyur pada 1893.
Henry Ford selalu menikmati hal-hal mekanik dan selalu berusaha untuk memperbaiki atau membuat mesin lebih berguna. Pada 1893 ia menciptakan bensin pertama buggy didorong atau Quadricycle yang benar-benar didorong diri. Dia kemudian mulai Detroit Automobile Perusahaan dengan beberapa investor lainnya untuk memperbaiki desainnya, tetapi perusahaan itu bangkrut tak lama kemudian. Ford kemudian mulai Henry Ford Company, yang juga pergi, sebelum akhirnya memulai Ford Motor Company pada tahun 1903.
Ford Motor Company meluncurkan mobil Model T sukses di 1908. Umumnya mobil dibangun satu per satu dan hanya dapat diakses dengan sangat kaya, tetapi Ford terus memperbaiki cara mobil-mobil yang diproduksi. Pada tahun 1913 mobil sedang massa diproduksi oleh salah satu lini perakitan pertama bergerak. Pada tahun 1918, separuh dari jumlah total mobil di Amerika Serikat itu Model T's, 15 juta mobil dijual, dan produksi Model T akhirnya berhenti pada tahun 1927.
Ford juga memiliki kepentingan dalam politik, tetapi tidak pernah sukses sebagai politisi, dan berhasil berlari untuk Senat sebagai seorang Demokrat. Dia juga memiliki pandangan kuat mengenai tenaga kerja dan bagaimana tenaga kerja harus ditangani. Ia membayar para pekerjanya lebih banyak uang untuk hari kerja kurang dan membuat 5 hari 40 jam kerja seminggu bagian normal kehidupan kerja.
Henry Ford menciptakan Ford Foundation pada tahun 1936 untuk meningkatkan kesejahteraan manusia melalui dana penelitian, hibah pendidikan dan pembangunan.
Pada 1947, pada usia 83 Henry Ford meninggal karena pendarahan otak dan dimakamkan di Pemakaman Ford di Detroit.
Spoiler for buka:

Spoiler for pesan:
Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young. The greatest thing in life is to keep your mind young.
Siapa saja yang berhenti belajar akan menua, apakah ia berumur 20 atau 80 tahun. Siapapun yang mau terus belajar akan tetap muda. Hal terbesar dalam kehidupan ini adalah menjaga agar pikiran kita tetap muda.
7. Jean Piaget
Quote:
Piaget dilahirkan di Neuchâtel di wilayah Swiss yang berahasa Perancis. Ayahnya, Arthur Piaget, adalah seorang profesor dalam sastra Abad Pertengahan di Universitas Neuchâtel. Piaget adalah seorang anak yang terlalu cepat menjadi matang, yang mengembangkan minatnya dalam biologi dan dunia pengetahuan alam, khususnya tentang moluska (kerang-kerangan), dan bahkan menerbitkan sejumlah makalah sebelum ia lulus dari SMA. Malah, kariernya yang panjang dalam penelitian ilmiah dimulai ketika ia baru berusia 11 tahun, dengan diterbitkannya sebuah makalah pendek pada 1907 tentang burung gereja albino. Sepanjang kariernya, Piaget menulis lebih dari 60 buah buku dan ratusan artikel.
Piaget memperoleh gelar Ph.D. dalam ilmu alamiah dari Universitas Neuchâtel, dan juga belajar sebentar di Universitas Zürich. Selama masa ini, ia menerbitkan dua makalah filsafat yang memperlihatkan arah pemikirannya pada saat itu, tetapi yang belakangan ditolaknya karena dianggapnya sebagai karya tulis seorang remaja. Minatnya terhadap psikoanalisis, sebuah aliran pemikiran psikologi yang berkembang pada saat itu, juga dapat dicatat mulai muncul pada periode ini.
Belakangan ia pindah dari Swiss ke Grange-aux-Belles, Perancis, dan di sana ia mengajar di sekolah untuk anak-anak lelaki yang dikelola oleh Alfred Binet, pengembang tes intelegensia Binet. Ketika ia menolong menandai beberapa contoh dari tes-tes intelegensia inilah Piaget memperhatikan bahwa anak-anak kecil terus-menerus memberikan jawaban yang salah untuk pertanyaan-pertanyaan tertentu. Piaget tidak terlalu memperhatikan pada jawaban-jawaban yang keliru itu, melainkan pada kenyataan bahwa anak-anak yang kecil itu terus-menerus membuat kesalahan dalam pola yang sama, yang tidak dilakukan oleh anak-anak yang lebih besar dan orang dewasa. Hal ini menyebabkan Piaget mengajukan teori bahwa pemikiran atau proses kognitif anak-anak yang lebih kecil pada dasarnya berbeda dengan orang-orang dewasa. (Belakangan, ia mengajukan teori global tentang tahap-tahap perkembangan yang menyatakan bahwa setiap orang memperlihatkan pola-pola kognisi umum yang khas dalam setiap tahap perkembangannya.) Pada 1921, Piaget kembali ke Swiss sebagai direktur Institut Rousseau di Geneva.
Pada 1923, ia menikah dengan Valentine Châtenay, salah seorang mahasiswinya. Pasangan ini memperoleh tiga orang anak, yang dipelajari oleh Piaget sejak masa bayinya. Pada 1929, Jean Piaget menerima jabatan sebagai Direktur Biro Pendidikan Internasional, yan tetap dipegangnya hingga 1968. Setiap tahun, ia menyusun "Pidato Direktur"nya untuk Dewan BPI itu dan untuk Konferensi Internasional tentang Pendidikan Umum, dan di dalamnya ia secara eksplisit mengungkapkan keyakinan pendidikannya.
Spoiler for buka:

Spoiler for pesan:
The principal goal of education in the schools should be creating men and women who are capable of doing new things, not simply repeating what other generations have done.
Prinsip tujuan di sekolah-sekolah harus menciptakan laki-laki dan perempuan yang dapat melakukan hal-hal baru, bukan hanya mengulah apa yang telah dilakukan generasi sebelumnya.
8. Isaac Newton
Quote:
Sir Isaac Newton FRS (lahir di Woolsthorpe-by-Colsterworth, Lincolnshire, 4 Januari 1643 – meninggal 31 Maret 1727 pada umur 84 tahun; KJ: 25 Desember 1642 – 20 Maret 1727) adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiwan, dan teolog yang berasal dari Inggris. Ia merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik. Karya bukunya Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica yang diterbitkan pada tahun 1687 dianggap sebagai buku paling berpengaruh sepanjang sejarah sains. Buku ini meletakkan dasar-dasar mekanika klasik. Dalam karyanya ini, Newton menjabarkan hukum gravitasi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan sains mengenai alam semesta selama tiga abad. Newton berhasil menunjukkan bahwa gerak benda di Bumi dan benda-benda luar angkasa lainnya diatur oleh sekumpulan hukum-hukum alam yang sama. Ia membuktikannya dengan menunjukkan konsistensi antara hukum gerak planet Kepler dengan teori gravitasinya. Karyanya ini akhirnya menyirnakan keraguan para ilmuwan akan heliosentrisme dan memajukan revolusi ilmiah.
Dalam bidang mekanika, Newton mencetuskan adanya prinsip kekekalan momentum dan momentum sudut. Dalam bidang optika, ia berhasil membangun teleskop refleksi yang pertama dan mengembangkan teori warna berdasarkan pengamatan bahwa sebuah kaca prisma akan membagi cahaya putih menjadi warna-warna lainnya. Ia juga merumuskan hukum pendinginan dan mempelajari kecepatan suara.
Dalam bidang matematika pula, bersama dengan karya Gottfried Leibniz yang dilakukan secara terpisah, Newton mengembangkan kalkulus diferensial dan kalkulus integral. Ia juga berhasil menjabarkan teori binomial, mengembangkan "metode Newton" untuk melakukan pendekatan terhadap nilai nol suatu fungsi, dan berkontribusi terhadap kajian deret pangkat.
Sampai sekarang pun Newton masih sangat berpengaruh di kalangan ilmuwan. Sebuah survei tahun 2005 yang menanyai para ilmuwan dan masyarakat umum di Royal Society mengenai siapakah yang memberikan kontribusi lebih besar dalam sains, apakah Newton atau Albert Einstein, menunjukkan bahwa Newton dianggap memberikan kontribusi yang lebih besar.

Spoiler for buka:

Spoiler for pesan:
Tact is the art of making a point without making an enemy
Kebijaksanaan adalah seni untuk membuat kemenangan tanpa menimbulkan permusuhan.[/i]